Follow Us

Mengapa Saya Memilih Feedly Sebagai Pengganti Google Reader

Sayz Lim - Kamis, 14 Maret 2013 | 14:57
Mengapa Saya Memilih Feedly Sebagai Pengganti Google Reader

Dengan Google mengumumkan bahwa layanan Google Reader akan dimatikan pada tanggal 1 Juli 2013, banyak pengguna loyal layanan tersebut mulai mencoba dan mencari layanan penggantinya.

Menemukan pengganti Google Reader yang menitikberatkan pada berlangganan situs tidaklah sulit. Aplikasi seperti Pulse dan Flipboard sudah mengizinkan penggunanya menambahkan situs pilihan sendiri tanpa membutuhkan Google Reader. Tapi yang menjadi masalah bagi orang-orang, termasuk diri saya, adalah bagaimana nasib-nasib aplikasi pihak ketiga—misalnya Reeder dan Newsify— yang bergantung pada Google Reader untuk bekerja?

Feedly, sebuah layanan yang menyusun daftar langganan Google Reader menjadi sebuah majalah yang dipersonalisasi, mengumumkan bahwa mereka sudah mengantisipasi saat di mana Google Reader akan ditutup, dan mempersiapkan proyek Normandy yang merupakan hasil kloning dari API Google Reader. Dengan kata lain, para pengembang pihak ketiga dapat mengintegrasikan Feedly ke dalam aplikasi mereka tanpa menerapkan banyak perubahan sehingga aplikasi-aplikasi seperti Newsify tetap dapat digunakan. Tentu saja itu perlu kerjasama antara pengembang dan pihak Feedly.

Feedly sendiri merupakan sebuah layanan yang cantik. Situsnya menawarkan tampilan yang bersih untuk membaca artikel, namun kali ini saya akan mengulas aplikasi iOS Feedly, terutama versi iPad, walaupun versi iPhone sendiri merupakan sebuah aplikasi yang sepadan dalam segi fitur dan antarmuka.

Hal pertama yang perlu dilakukan agar Feedly dapat digunakan adalah sign in melalui akun Google Reader. Tidak perlu khawatir karena semua langganan di Feedly akan tetap ada pada saat Google menutup layanan Google Reader. Setelah sign in, maka kamu akan melihat sebuah tampilan yang menampilkan semua artikel yang belum dibaca per kategori.

Feedly memberikan kesan cepat dan responsif; semua berkat animasi yang lancar pada saat membuka artikel, memunculkan sidebar, dan memilih share button. Tidak ada tanda-tanda ia membutuhkan waktu untuk menjalankan proses. Tampilan artikel mempunyai dua tema—Day dan Night—di mana kamu dapat mengaturnya dari halaman pengaturan.

Sidebar menampilan semua kategori atau label yang sudah dibuat pada Google Reader. Warna label tidak mempunyai arti apapun selain mempermudah pencarian. Akan tetapi, beberapa label tambahan perlu kamu ketahui. Yang pertama adalah Latest; ia menampilkan semua artikel yang disusun berdasarkan jadwal terbit: dari paling baru ke paling lama. Sisanya adalah Saved For Later di mana kamu dapat menyimpan artikel di dalam Feedly buat dibaca nanti. Feedly juga menawarkan fitur penyimpanan artikel ke layanan Instapaper dan Pocket.

Menambahkan situs langganan ke Feedly sama seperti Flipboard dan Pulse di mana kamu tinggal menggunakan kolom pencarian, meninjau kembali hasil pencarian, kemudian memasukkan ke daftar langgananmu. Pada proses penambahan, kamu juga dapat membuat label baru, atau tinggal memilih salah satu dari label yang sudah ada.

Terdapat tiga jenis transisi halaman yang bisa dipilih yaitu: Stack, Swipe, dan Scroll. Stack dan Swipe menggunakan transisi halaman secara vertikal, di mana stack meniru tumpukan kertas yang digeser. Sedangkan scroll menerapkan transisi halaman yang tradisional, yaitu dari kiri ke kanan. Tidak seperti aplikasi lain yang menggunakan tombol untuk menentukan sebuah artikel sudah dibaca atau belum, Feedly menggunakan short swipe untuk menandai sebuah artikel, sedangkan long swipe untuk menandai semua artikel dalam satu halaman. Saya menyukai pendekatan ini karena auto-mark as read sulit menunjukkan artikel-artikel mana yang benar-benar sudah dibaca.

Kesimpulan

Saya menyukai Feedly. Selain cepat, antarmuka dan pemilihan jenis huruf membuat saya betah menggunakannya membaca setiap artikel yang terdapat dalam Google Reader. Persiapan mereka menghadapi penutupan layanan Google Reader juga merupakan salah satu alasan saya merekomendasikan Feedly ke para mantan pengguna Google Reader.

Kalau kamu masih membutuhkan layanan sejenis Google Reader untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga yang dapat diakses melalui iPhone, iPad, dan Mac, tetapi juga ingin mempunyai akses melalui browser, maka Feedly adalah pilihan terbaik saat ini. Namun bagi kamu yang hanya sekadar membaca-baca artikel tanpa membutuhkan hal-hal di atas, maka aplikasi sejenis Flipboard, Pulse, dan bahkan Google Currents bisa menjadi pertimbanganmu.

Download Feedly - Smart News Reader · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest