Follow Us

Kamu Harus Tahu Hal Ini: Masa Garansi Produk Apple di Australia Jadi 2 Tahun

Hendra Saputra - Selasa, 19 Maret 2013 | 17:24
Kamu Harus Tahu Hal Ini: Masa Garansi Produk Apple di Australia Jadi 2 Tahun

Berita ini patut kamu ketahui jika kamu adalah Apple user di Australia.

Berdasarkan berita dari MacTalk, Apple diam-diam telah mengubah peraturan jangka waktu garansi produk mereka dari yang semula 1 tahun (12 bulan) saja, menjadi 2 tahun (24 bulan). Perubahan ini mereka informasikan kepada seluruh pekerja di ritel mereka, termasuk para teknisi.

Berikut kutipannya:

The new policy was introduced via an internal email sent to Apple Australia Retail staff. Any iPhone, iPad or Mac brought to a Genius bar that is between 13 and 24 months old and has not been subject to abuse or accidental damage, will automatically be flagged as eligible for repair or replacement via the iRepair or MobileGenius software.

Namun yang jadi masalah, menurut The Sydney Morning Herald, sejumlah pekerja dihimbau untuk tidak memberitahukan penambahan waktu garansi ini kepada konsumen. Hal ini diketahui berdasarkan penemuan Fairfax Media dari sejumlah email yang beredar di lingkungan toko ritel Apple tersebut.

But it appears some high-up employees within Apple don’t want the change talked about too widely. One email Fairfax Media has seen, which was circulated within an Australian Apple store, told staff not to talk to customers about the detail of Apple’s new policy.

Mengapa Apple melakukan hal ini? Hmm… belum diketahui pasti, namun menurut editor MacTalk Peter Wells, Apple mempunyai sebuah kebiasaan untuk tidak mengindahkan peraturan konsumen yang ada di sebuah negara, dan malah menerapkan aturan main mereka sendiri.

Akibatnya, banyak konsumen yang ‘pulang dengan tangan hampa’, apabila mereka mengajukan perbaikan terhadap perangkat mereka yang telah berumur lebih dari 12 bulan.

Namun dengan adanya peraturan baru tersebut, sepertinya kamu dan para konsumen Apple di Australia bisa berlega hati. Pasalnya, kini kamu bisa memperjuangkan hak kamu sebagai konsumen terkait masa garansi perangkat yang bertambah 1 tahun lagi.

Dan alasan mengapa kamu harus tahu akan hal ini… mudah, kamu tidak ingin membeli AppleCare bukan hanya untuk menambah masa garansi perangkatmu jadi 2 tahun?

Kalau kamu ingin melihat lebih lengkap mengenai apa saja hak mu sebagai konsumen Apple di Australia, kamu bisa akses tautan ini.

[source site_name = “MacTalk|dan The Sydney Morning Herald” site_url = “http://www.mactalk.com.au/content/apple-australia-quietly-extends-warranties-24-months-2966/|http://www.smh.com.au/technology/technology-news/apple-keeps-warranty-switch-under-wraps-20130318-2gahc.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest