Follow Us

Mengapa Perlu Deauthorize iTunes di Mac dan PC Sebelum Dijual

Sayz Lim - Senin, 25 Maret 2013 | 14:47
Mengapa Perlu Deauthorize iTunes di Mac dan PC Sebelum Dijual

Agar iTunes dapat sinkronisasi dan mengatur berbagai media dan konten yang kamu beli dari iTunes Store membutuhkan proses yang namanya authorization. Proses ini selalu terjadi ketika kamu menggunakan Apple ID untuk pertama kalinya pada iTunes pada komputer yang baru. Langkah ini juga diperlukan untuk berbelanja langsung menggunakan iTunes.

Menggunakan berbagai fitur tambahan seperti Home Sharing, Automatic Downloads, dan mengunduh kembali aplikasi yang sudah pernah dibeli juga membutuhkan authorization Apple ID di komputer yang bersangkutan. Mengetahui semua fitur yang ditawarkan, tentu saja pemilik Apple ID tidak sabar ingin authorize semua komputer sekaligus, baik miliki sendiri ataupun punya sahabat.

Sembarangan authorize Apple ID di komputer lain, baik PC maupun Mac, bukanlah sebuah ide yang cemerlang. Pasalnya Apple membatasi setiap Apple ID hanya boleh digunakan pada lima komputer yang mempunyai iTunes. Ini berarti ketika kamu sudah menghabiskan kuota yang disediakan oleh Apple, maka tidak ada cara lain menambahkan komputer baru selain melewati deauthorize terlebih dahulu.

Apple menyediakan dua cara untuk deauthorize Apple ID di komputer.

Yang pertama adalah langsung dari komputer di mana Apple ID sudah menerima authorization. Kamu dapat dengan mudah deauthorize Apple ID dengan menjalankan iTunes, kemudian pilih Store » Deauthorize This Computer….

Langkah kedua bersifat lebih ekstrim. Biasanya hanya digunakan ketika kamu tidak mempunyai akses ke komputernya lagi. Misalnya terlanjur dijual atau sialnya dicuri. Langkah ekstrim ini, yaitu Deauthorize All, akan deauthorize semua komputer bersangkutan sekaligus. Karena bersifat ekstrim, Apple cenderung hanya mengizinkan langkah ini diambil setahun sekali. Tombol Deauthorize All bisa kamu temukan pada iTunes di halaman Account. Tombol tersebut hanya muncul apabila kamu mempunyai dua atau lebih komputer yang sudah authorized.

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, proses deauthorize akan menjadi rumit apabila kamu menggunakan langkah Deauthorize All. Agar menghindari penungguan yang terlampau lama, maka selalu ingat deauthorize setiap komputer yang mau dijual supaya slot tersebut bisa digunakan oleh komputer lain.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://support.apple.com/kb/HT1420?viewlocale=en_US&locale=en_US”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest