Follow Us

Forecast: Mengetahui Kondisi Cuaca Secara Akurat

Sayz Lim - Rabu, 27 Maret 2013 | 15:39
Forecast: Mengetahui Kondisi Cuaca Secara Akurat

Saya sering membahas aplikasi ramalan cuaca: Sun, Magical Weather, Sky, dan Weather 2x. Semua aplikasi yang sudah pernah saya bahas bisa jatuh ke dalam dua kategori. Aplikasi yang cuma menunjukkan kondisi cuaca sekarang, dan aplikasi yang menunjukkan kondisi cuaca dalam hitungan jam. Biasanya akurasi aplikasi-aplikasi tersebut masih patut dipertanyakan.

Ada satu aplikasi yang menarik perhatian saya sejak dulu, namun tidak bisa dicoba. Aplikasi tersebut adalah Dark Sky. Ia terkenal dengan akurasinya dalam meramal cuaca sampai hitungan menit. Sampai sekarang pun saya masih belum bisa mencobanya karena ia tidak menampilkan cuaca di Jakarta. Tetapi sekarang saya sudah bisa merasakan kemampuan Dark Sky dalam meramal cuaca, meskipun tidak melalui aplikasi itu secara langsung.

Pengembang Dark Sky meluncurkan sebuah layanan ramalan cuaca baru bernama Forecast. Layanan yang tersedia sebagai aplikasi berbasis web ini mampu meramal cuaca di semua tempat, tidak seperti Dark Sky yang terbatas pada wilayah tertentu. Kualitas Forecast sebagai aplikasi berbasis web tidak kalah dengan aplikasi native, bahkan mampu mengalahkan berbagai jenis aplikasi cuaca yang pernah saya coba. Ia mampu menampilkan ramalan cuaca dalam kalimat yang mudah dipahami, sehingga pengguna tidak perlu membaca grafik untuk mengetahui kapan akan hujan.

Kamu akan menemukan sebuah bola bumi dengan animasi radar yang hidup. Sisi kanan layar menunjukkan kondisi cuaca sekarang, 24 jam, dan satu minggu berikutnya. Forecast secara pintar menyusun kalimat yang menggambarkan kondisi cuaca dengan efektif. Misalnya untuk kondisi hujan gerimis 24 jam berikutnya ditulis dalam “Light rain until this evening, starting again tomorrow afternoon”. Tanpa memperhatikan grafik, saya bisa mengetahui hujan akan mulai lagi besok sore.

Menerima Informasi Lengkap

Forecast hanya menampilkan informasi lengkap sebuah cuaca ketika kamu membutuhkannya. Halaman depan cuma menampilkan grafik cuaca dan suhu untuk tujuh hari berikutnya. Bila kamu membutuhkan jam spesifik kapan terjadi perubahan cuaca, maka menekan pada salah satu pilihan akan menunjukkan suhu di setiap jam. Ia juga menunjukkan kapan matahari terbit dan terbenam dalam grafik tersebut.

Beberapa aplikasi bahkan menampilkan kecepatan angin, kelembaban, dan jarak penglihatan. Kalau kamu bukan seorang pelaut yang membutuhkan semua itu, justru informasi menjadi redundan. Akan tetapi, Forecast tidak menghilangkan fitur tersebut dari layanan mereka. Kamu bisa meilih Details untuk menampilkan sebuah halaman baru yang secara lengkap menampilkan semua informasi yang sudah disebutkan.

Time Machine

Mempunyai rencana berliburan ke sebuah negara tahun depan? Forecast dengan berbagai sumber informasi di seluruh dunia mampu meramal kondisi cuaca untuk tanggal di masa mendatang. Time Machine yang masih menjadi proyek eksperimental Forecast mampu menampilkan kondisi cuaca di masa lalu dan masa mendatang dengan lengkap.

Kesimpulan

Forecast merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang sangat akurat dalam hasil ramalannya. Dengan fitur-fiturnya yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna biasa dan profesional yang membutuhkan kelengkapan kondisi cuaca, maka ia adalah aplikasi yang pantas terpasang di home screen iPhone dan iPad.

Kamu dapat menambahkan Forecast ke home screen dengan membuka http://forecast.io dan memilih tanda panah di sisi kiri atas, kemudian pilih Add to Home Screen.

Bagaimana menurutmu? Apakah Forecast cukup akurat dalam meramal cuaca di daerahmu?

[source site_name = “Forecast” site_url = “http://blog.forecast.io/post/46290267206/announcing-forecast”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest