Follow Us

Memanfaatkan Apple ID Buat Satu Keluarga

Sayz Lim - Senin, 01 April 2013 | 17:10
Memanfaatkan Apple ID Buat Satu Keluarga

Apakah Anda ingin menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli aplikasi di iTunes Store? Bukan cuma aplikasi, tetapi juga lagu, film, dan buku.

Sebagian besar keluarga yang memiliki beberapa iPhone dan iPad sering menggunakan satu Apple ID untuk pembelian aplikasi. Upaya ini dilakukan agar aplikasi cukup dibeli sekali, kemudian bisa dipasang pada semua perangkat. Tentu saja ini sebuah hal yang sah-sah saja, mengingat perangkat selalu menjadi milik bersama, dan biasanya dimainkan oleh anak-anak yang masih kecil. Tetapi ada satu masalah yang sering dihadapi: masalah keleluasaan pribadi.

Keleluasan pribadi menjadi masalah karena setiap pesan iMessage dikirimkan ke satu Apple ID. Hal ini menyebabkan setiap pesan muncul di setiap iPhone dan iPad. Seorang ayah tentu saja tidak menginginkan pesan dia dibaca oleh anak-anaknya, demikian juga dengan anak-anak yang ingin menggunakan Apple ID sendiri untuk bertukar pesan menggunakan iMessage.

Dua iPhone dengan Apple ID yang sama juga akan menggunakan Calendars, Contacts, dan Mail tersinkronisasi. Kalau tidak memisahkan Apple ID Anda dengan anggota keluarga lain, maka semuanya akan campur aduk menjadi berantakan.

Bedakan Apple ID dan Akun iCloud

Setiap anggota keluarga sebenarnya bisa mempertahankan identitas dan keleluasan pribadi secara bersamaan. Kesalahan di atas bisa terjadi karena orang-orang masih belum mengenal perbedaan Apple ID dan Akun iCloud.

Apple ID adalah sebuah identitas yang Anda gunakan untuk membeli sesuatu dari Apple. Anda dapat menggunakan identitas tersebut membeli barang dari Store, Mac App Store, dan Apple Online Store. Anda bahkan bisa membuat Apple ID tanpa harus membuat akun iCloud sama sekali.

iCloud adalah layanan awan buatan Apple yang menyimpan semua foto, dokumen, dan kontak. Dengan menggunakan iCloud, Anda bisa menyamakan semua perangkat iOS yang Anda miliki tanpa harus melewati jalur sinkronisasi yang merepotkan. Jadi, akun iCloud adalah identitas untuk penyimpanan data di iCloud.

Memisahkan Identitas Setiap Pemilik

Pada saat setup perangkat iOS baru, Anda selalu ditawarkan pilihan membuat akun iCloud. Apabila Anda sudah memiliki Apple ID, maka Anda dapat membuat akun iCloud dengan menggunakan email yang sama. Dengan demikian, setiap hal yang Anda kerjakan dengan akun iCloud (berfungsi sebagai Apple ID juga) akan disimpan oleh Apple.

Keleluasan pribadi dapat dicapai dengan membuat beberapa akun iCloud dan hanya menggunakan satu Apple ID untuk pembayaran. Misalnya Anda baru membelikan sebuah iPod touch kepada anak Anda, pada saat pembuatan akun iCloud, Anda dapat membuat sebuah akun iCloud baru buatnya. Melalui langkah ini, anak Anda bisa menyimpan seluruh jadwal, kontak, dan pesan iMessage di akun iCloud sendiri tanpa tercampur dengan akun iCloud Anda.

Catatan: Pembuatan akun iCloud juga berarti anak Anda memiliki Apple ID sendiri. Setelah mereka dewasa, mereka dapat menambahkan metode pembayaran ke Apple ID milik mereka sendiri. Sistem ini yang membedakan satu identitas dengan identitas lain.

Mengikuti skenario di atas, maka sekarang status dari perangkat di rumah adalah:

  • Anda: Sebuah akun iCloud pribadi dengan Apple ID yang memiliki metode pembayaran.
  • Anak Anda: Sebuah akun iCloud dengan Apple ID yang tidak memiliki metode pembayaran.
Sekarang Anda dapat dengan tenang membuatkan beberapa akun iCloud buat setiap anggota keluarga. Selanjutnya cukup memasukkan Apple ID Anda yang sudah memiliki kumpulan daftar berbayar di pengaturan iTunes & App Stores yang bisa ditemukan pada halaman Settings. Sedangkan akun iCloud dimasukkan pada halaman iCloud. Berikut ini adalah skema akhir pada masing-masing perangkat.

  • Anda: Akun iCloud (milik Anda) dan Apple ID (milik Anda) yang sama.
  • Anak Anda: Akun iCloud (milik anak) dan Apple ID (milik Anda).
Apabila semuanya sudah diatur dengan benar, maka sekarang setiap anggota keluarga bisa menikmati aplikasi berbayar sekaligus bisa mempunyai akun iCloud pribadi. Anda bahkan bisa saling bertukar iMessage, berbagi foto, dan menyusun kalendar bersama dengan identitas masing-masing.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest