Follow Us

Menggunakan Apple Maps Tanpa Jaringan 3G

Sayz Lim - Senin, 08 April 2013 | 11:51
Menggunakan Apple Maps Tanpa Jaringan 3G

Apple sekarang mempunyai sistem pemetaan sendiri yang terintegrasi dalam iPhone dan iPad. Setiap kali kamu menyalakan Apple Maps, ia akan mecoba memeriksa lokasimu, kemudian menerima informasi peta yang akan ditampilkan di layar. Itulah mengapa ukuran Maps pada awalnya tidak terlalu besar karena informasi peta diambil hanya pada saat dibutuhkan. Oleh karena itu, terhubung ke Internet merupakan syarat utama untuk menggunakan Maps dengan efektif.

Tapi, apa yang bisa kamu lakukan saat tidak mempunyai jaringan Internet?

Baiklah, saya beritahu kamu sebuah rahasia mengenai aplikasi Maps di iPhone dan iPad. Kamu bisa menggunakan Maps tanpa terhubung ke jaringan Internet.

Tentu saja tidak sebaik dan seakurat bila dibandingkan saat terhubung ke jaringan Internet dan kamu perlu mempersiapkan petanya terlebih dahulu. Caranya cukup menyalakan Wi-Fi di iPhone dan iPad.

Maps di iPhone dan iPad dapat memanfaatkan sumber jaringan Wi-Fi terbuka di sekitar, misalnya kantor dan café, untuk memperhitungkan lokasi keberadaanmu di peta. Ia tidak harus terhubung ke Wi-Fi tersebut karena yang dibutuhkan hanyalah lokasi Wi-Fi. Berdasarkan lokasi-lokasi sumber Wi-Fi yang tersedia di sekitar, maka ia bisa memperkirakan posisimu di peta. Biasanya radius menggunakan metode ini lebih besar bila dibandingkan ke jaringan 3G. Kalau kamu menemukan titik abu pada saat melihat Maps, itu berarti lokasi tidak bisa ditentukan. Kamu sebaiknya lebih teliti memperhatikan wilayah di sekitar dan membandingkan posisimu di Maps.

Keterbatasan metode ini adalah ketergantungan terhadap jaringan Wi-Fi untuk bisa memperkirakan lokasi iPad. Buat di kota besar seperti Jakarta, ini bukan sebuah kendala karena setiap jalan dua blok pasti tersedia jaringan Wi-Fi. Namun buat kota-kota yang terbatas dengan jaringan Wi-Fi akan kesulitan menerapkan metode ini.

Metode ini juga membutuhkan persiapan aplikasi Maps. Biarkan aplikasi Maps mengunduh dulu bagian-bagian peta yang dibutuhkan olehmu supaya bisa digunakan di saat tidak mempunyai jaringan Internet. Ingat bahwa pada saat offline, iPhone dan iPad tidak bisa menarik informasi dari server Apple.

Tips ini lebih ditujukan buat pemilik iPad model Wi-Fi. Kalau kamu selama ini tidak pernah menyalakan Maps saat membawa iPadmu, maka sekarang tidak perlu merasa ragu-ragu lagi menggunakan Maps sebagai petunjuk saat di perjalanan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest