Follow Us

Apple Mendepak AppGratis Dari App Store

Hendra Saputra - Senin, 08 April 2013 | 16:59
Apple Mendepak AppGratis Dari App Store

Kamu mengetahui/ingat AppGratis yang pernah diulas MakeMac beberapa waktu lalu? Sebuah kabar buruk berhembus buat kamu yang belum mengunduh aplikasi ‘penggratis’ aplikasi lainnya asal Perancis tersebut.

Menurut berita yang kami kutip dari TechCrunch, aplikasi yang digawangi oleh Simon Dawlatt ini ditarik dari App Store, tanpa diketahui alasannya. TechCrunch sendiri memperkirakan bahwa penarikan didasarkan pada kemungkinan penggunaan private API, atau pelanggaran terhadap beberapa ketentuan App Store.

Berikut kutipannya:

Maybe AppGratis uses a private API or breaks an insignificant guideline and Apple won’t put the app back in the store until an updated version is submitted.

Baik AppGratis ataupun Apple masih belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai penarikan ini.

Hal ini mengingatkan saya akan kejadian di bulan Desember 2012 yang lalu. Saat itu Apple baru saja memberlakukan peraturan baru terkait penarikan terhadap aplikasi yang berfungsi mirip seperti App Store. Peraturan ini sendiri membawa bencana buat AppShopper dengan pencabutannya dari pasar aplikasi tersebut.

2.25 Apps that display Apps other than your own for purchase or promotion in a manner similar to or confusing with the App Store will be rejected.

AppShopper sendiri hingga kini masih belum kembali ke App Store.

Pertanyaannya, kenapa Apple tidak menarik AppGratis sejak dulu saja? Kenapa baru sekarang.

Pertanyaan itu hanya bisa dijawab Apple dan AppGratis saja.

Bagaimanapun, ada 2 kabar yang ingin saya sampaikan kepada kamu pengguna maupun calon pengguna AppGratis.

Kabar baiknya, kamu yang sudah mengunduh AppGratis masih bisa memanfaatkan layanan ini sekaligus memiliki aplikasinya. Kabar buruknya, apabila kamu belum sempat mengunduh kamu harus menunggu hingga AppGratis kembali ke App Store.

Kapan kembalinya AppGratis ke App Store? Tidak ada yang tahu selain kedua pihak tersebut.

[source site_name = “TechCrunch” site_url = “http://techcrunch.com/2013/04/07/apple-pulls-ios-app-discovery-service-appgratis-from-app-store/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest