Follow Us

Sinkronisasikan Address Book dan Gmail Dengan Syncman

Sayz Lim - Selasa, 09 April 2013 | 12:14
Sinkronisasikan Address Book dan Gmail Dengan Syncman

Semaraknya persaingan antar vendor smartphone menghasilkan pilihan yang variatif bagi pengguna. Sekarang kamu juga bisa menemukan banyak pemilik produk Apple yang juga menggunakan perangkat Android. Ukuran layar yang lebih besar bisa menjadi alasan utama. Ingin mengubah sistem operasi di smartphone sesuai keinginan juga bisa menjadi landasan keputusan tersebut. Tapi apapun alasannya, pemilik smartphone tetap membutuhkan cara yang mudah dalam menyimpan kontak di smartphone dan laptop.

Tidak semua orang menyadari betapa pentingnya menyimpan kontak-kontak dengan benar. Kalau kamu tidak menyimpannya secara online, atau membuat backup secara rutin, maka lenyapnya kontak cuma butuh satu kali kesalahan: baik ketinggalan ataupun dicuri. Kamu memegang sebuah smartphone yang harganya setara dengan 150 gelas caffè macchiato grande. Kontak-kontak seharusnya tersimpan dengan aman, dan lebih baiknya lagi tersinkronisasi ke semua perangkatmu dengan lancar. Itulah manfaat dari menggunakan iCloud. Semua foto, kalendar, dan kontak dalam satu tempat. Sama di semua perangkat Apple.

Sayangnya iCloud cuma tersedia buat perangkat Apple. Kalau kamu menggunakan iPhone dan perangkat Android sekaligus, maka satu-satunya cara untuk sinkronisasi kontak adalah melalui Gmail. Cara termudah agar setiap kontak di iCloud bisa ditampilkan juga di perangkat Android adalah melalui sebuah aplikasi bernama Syncman.

Syncman adalah sebuah aplikasi yang menyamakan kontak di Address Book dengan Gmail. Sinkronisasi mendukung informasi-informasi yang umum seperti nama, nama perusahaan, jabatan, catatan, alamat email, nomor telepon, dan akun chatting. Kamu juga dapat menentukan metode sinkronisasi dari tiga pilihan yang tersedia:

  • Sinkronisasi Dua Arah Antara Address Book dan Gmail: Metode ini memastikan kontak di Address Book dan Gmail selalu dalam keadaan yang sama. Perubahan pada Address Book akan dipindahkan ke Gmail. Hal ini juga berlaku sebaliknya, perubahan di Gmail akan mempengaruhi kontak di Address Book. Kalau kamu sering membuat kontak di perangkat Android, maka metode ini yang dianjurkan.
  • Sinkronisasi Satu Arah Dari Address Book ke Gmail: Bagi yang menggunakan iCloud sebagai tempat penyimpanan kontak utama, maka metode ini yang disarankan.
  • Sinkronisasi Satu Arah Dari Gmail ke Address Book: Bila kamu memanfaatkan perangkat Android sebagai lokasi untuk menyimpan semua kontak-kontak, serta tidak bergantung pada Mac ataupun iPad dalam membuat kontak baru, maka metode ini yang paling cocok.
Karena Address Book bisa disinkronisasikan ke iCloud sejak OS X 10.7 Lion, maka kamu cukup menjalankan Syncman untuk memindahkan semua kontak di Address Book ke Gmail dalam beberapa langkah sederhana. Syncman menawarkan alur yang mudah dipahami. Sebelum sinkronisasi, ia juga akan menampilkan tabel berisi kontak-kontak yang akan ditambahkan dan dihapus. Dengan demikian kamu bisa memastikan bahwa tidak ada informasi yang salah.

Syncman juga bisa dijalankan di latar belakang untuk melakukan sinkronisasi secara berkala yang dapat diatur jeda waktunya di halaman pengaturan. Kalau kamu tidak menyukai lambang aplikasinya, pilihan menyembunyikannya dari Dock juga tersedia.

Kesimpulan

Syncman adalah sebuah aplikasi yang bekerja dengan cukup baik dalam sinkronisasi Address Book dan Gmail. Saya berhasil memindahkan semua kontak Address Book ke Gmail melalui sinkronisasi satu arah, meskipun pada saat sinkronisasi terdapat laporan error yang tidak berpengaruh kepada hasilk akhir.

Pemilik perangkat Android dan Mac seharusnya menggunakan Syncman dalam sinkronisasi kontak. Yang khawatir Syncman bisa menghapus kontak tanpa konfirmasi bisa menjalankan backup kontak terlebih dahulu.

Syncman dapat dicoba secara gratis selama 30 hari. Kamu kemudian dapat membelinya seharga $14.99 seteleh melewati masa percobaan.

Website | Download | Harga: $14.99


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest