Follow Us

Tips Singkat Merapikan Susunan Aplikasi di Launchpad

Sayz Lim - Jumat, 19 April 2013 | 15:30
Tips Singkat Merapikan Susunan Aplikasi di Launchpad

Launchpad merupakan salah satu contoh penyamaan antarmuka OS X dengan iOS. Bagi pengguna iOS, menjalankan aplikasi melalui Launchpad lebih mudah dipahami daripada harus membuka folder Applications. Semua aplikasi yang bisa dijalankan terlihat di Launchpad dan dapat disusun dalam folder juga seperti pasangannya di iOS.

Kemiripan kedua sistem operasi itu sama: yaitu lama. Lama dalam hal menarik aplikasi dari satu layar ke layar lainnya. Banyaknya folder juga menghasilkan kesan home screen yang lebih jelek. Jadi saya berpikir, daripada menyusun aplikasi-aplikasi dalam folder, mendingan saya membiarkan ia ditampilkan secara berurutan.

Coba aktifkan Launchpad sekarang juga dengan pinch-in 5 jari. Apakah hasilnya mirip seperti ini?

Aplikasi tidak tertata. Urutan aplikasi ditampilkan berdasarkan kapan mereka terpasang di Mac. Kalau kamu ingin merapikan Launchpad, maka yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan perintah berikut ke Terminal:

rm ~/Library/Application\ Support/Dock/*.db && killall Dock
Perintah di atas akan mengembalikan susunan aplikasi di Launchpad ke keadaan awal dan menampilkan aplikasi pihak ketiga di halaman kedua secara berurutan. Lihat gambar di bawah untuk membandingkan hasilnya.

Kesimpulan

Saya selalu menganjurkan orang-orang merapikan isi Mac karena selain mempermudah pencarian dokumen, kebiasaan ini juga dapat membantu mereka membersihkan dokumen yang tidak berguna. Susunan Launchpad hanyalah salah satu bagian OS X yang bisa membuat Mac berkesan lebih rapi dan indah. Sekarang giliranmu. Apa yang kamu lakukan untuk memastikan Mac selalu rapi dan terkendali?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest