Follow Us

Inilah Alat Sederhana Yang Dapat Membuat Garansi MacBook Hangus

Kuswanto - Rabu, 24 April 2013 | 14:32
Inilah Alat Sederhana Yang Dapat Membuat Garansi MacBook Hangus

Macbook Pro aluminium itu sangat rentan penyok. Aluminium memang kuat daripada plastik, tapi tetap saja lama-lama MacBook penyok-penyok. Ternyata kalau lokasi penyok di MacBook terdapat suatu posisi yang tepat akan menyebabkan garansinya hangus, gara-gara sebuah alat sederhana di bawah ini.

Alat tersebut dipakai oleh teknisi di Apple Authorize Service Center untuk mengecek apakah kerusakan yang terjadi dijamin oleh garansi atau tidak. Alat tersebut bernama Dent Inspection, baru kali ini bisa terlihat oleh umum, berkat Tested.com yang telah mengulasnya.

Alat Dent Inspection dipakai untuk mengecek 3 jenis kerusakan yang terlihat pada setiap MacBook aluminium dengan presisi 1mm. Berikut ini penjelasan lengkap kegunaan alat tersebut:

  1. Dents in the Lower and Upper casing (bottom plate/sides/keyboard). This is tested by using the side with the 1mm spike and placing the spike in the center of the dent. If any part of the rest of the tool is able to lay flat, a repair center will be able to deny the warranty and in apples view the warranty is voided.
  2. Dents in the display clamshell casing. This is tested using the opposite side of the tool, which has a smaller spike that is not labeled (possibly 0.5mm or less). The same rule applies: when siting the spike in the center of a dent, if the tool sits flat the warranty is voided.
  3. Dents on the corners of the device. This is tested as seen in the image below, with the tool lining it up along the sides of the Macbook. If it does not sit flat along the edges, the warranty is voided.
Apabila perangkatmu lulus inspeksi kerusakan fisik, dilanjutkan oleh alat lain yang mendeteksi penyebab kerusakan akibat terkena cairan langsung dan kelembaban yang tidak susai dengan spesifikasi dari Apple. Penyebab tersebut dapat dideteksi oleh sebuah alat yang disebut sebagai Liquid Contact Indicator. Intinya alat LCI mendeteksi cairan yang melekat pada perangkat internal ataupun eksternal.

Dari bocoran yang diberikan oleh Tested, mulai sekarang kamu harus hati-hati dengan cairan, jangan sampai tumpah ruah ke atas MacBook kamu. Terutama bagi yang sering nongkrong di café.

Tapi, tenang-tenang… Jangan panik dulu. Garansi kamu belum tentu hangus kalau ada penyok atau tertimpa cairan. Kembali lagi ke faktor manusia, teknisi yang menginspeksi tentunya memegang peranan penting apakah kerusakan yang terjadi dapat digantikan oleh garansi atau tidak. Yang penting adalah jangan pernah berbohong penyebab kerusakan. Karena teknisi Apple dapat mendeteksi kerusakan dengan alat-alat yang tidak kita ketahui.

Selama ini pengalaman saya dengan servis dari Apple selalu menyenangkan, pernah 2 kali ganti mainboard MacBook Pro karena memang ada cacat produksi, dan diganti baru berkat Apple Protection Plan yang dapat memperpanjang garansi dengan tambahan 2 tahun. Bagaimana pengalamnmu? Mari berbagi cerita suka dan duka-nya di komentar.

[source site_name = “Tested” site_url = “http://www.tested.com/tech/mac-os/454849-how-apple-evaluates-macbook-damage-warranty-coverage/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest