Follow Us

Desain Antarmuka iOS 7 Akan Berubah Secara Radikal

Hendra Saputra - Selasa, 30 April 2013 | 13:53
Desain Antarmuka iOS 7 Akan Berubah Secara Radikal

Satu lagi kabar berita dari 9to5mac yang semakin mengindikasikan perubahan desain radikal di iOS 7.

Menurut 3 orang sumber mereka yang identitasnya dirahasiakan, Jony Ive telah membangun tampilan antarmuka iOS 7 dengan konsep desain yang sangat flat. Hal ini menjadikan desain iOS 7 sangat berbeda dibanding versi iOS yang sebelum-sebelumnya.

Salah satu sumber sendiri mengungkapkan bahwa pendekatannya mirip dengan konsep desain ‘metro’ yang diusung Windows Phone.

According to multiple people who have either seen or have been briefed on the upcoming iOS 7, the operating system sports a redesigned user-interface that will be attractive to new iOS users, but potentially unsettling for those who are long-accustomed to the platform…

The new interface is said to be “very, very flat,” according to one source. Another person said that the interface loses all signs of gloss, shine, and skeuomorphism seen across current and past versions of iOS. Another source framed the new OS as having a level of “flatness” approaching recent releases of Microsoft’s Windows Phone “Metro” UI.

Seperti yang sudah kamu lihat di dalam kutipan tersebut, antarmuka yang bersifat gloss, shine dan skeumorphism telah dihilangkan sama sekali dari iOS 7. Bahkan, menariknya 9to5mac menuliskan pula bahwa desain icon, menu bar, tab bar, dan tampilan-tampilan lainnya di iOS 7 hadir dengan desain flat.

Dengan kata lain, iOS 7 akan hadir dengan tampilan yang benar-benar baru.

Alih-alih menjadi lebih sulit dioperasikan, salah satu sumber tersebut mengindikasikan bahwa flow pengoperasian iOS 7 tidaklah berbeda dibanding versi iOS sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar para pengguna tidak perlu mempelajari ulang iOS 7 dan demi menjaga sifatnya yang mudah digunakan.

iOS 7 sendiri juga disebutkan bakal mempunyai panel informasi baru layaknya Notification Center. Panel ini bisa diakses oleh para pengguna dengan mengusap layar dari arah kiri atau kanan. Percis ketika kamu ingin memunculkan Notification Center di OS X Mountain Lion. Tapi masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai panel apakah ini.

Sistem operasi terbaru buat iDevices ini tampaknya akan diperkenalkan ketika WWDC 2013 berlangsung, 10 Juni 2013 mendatang. Digadang-gadang, logo WWDC 2013 menggambarkan desain berkonsep flat yang diusung oleh Jony Ive di iOS 7. Salah satu sumber 9to5mac itu sendiri bahkan berujar kalau icon Game Center di iOS 7 sangat mirip dengan logo WWDC 2013.

Sebelumnya, hal serupa juga pernah diungkapkan oleh jurnalis-jurnalis ternama yang melakukan diskusi lewat Branch. Secara garis besar, mereka semua menyebutkan bahwa iOS 7 memiliki desain yang sangat sederhana hingga mampu membuat orang yang menyukai desain bersifat ‘ramai’ kecewa.

[source site_name = “9to5mac” site_url = “http://9to5mac.com/2013/04/29/jony-ive-paints-a-fresh-yet-familiar-look-for-ios-7/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest