Follow Us

Lenote: Aplikasi Mencatat yang Minimalis

Kuswanto - Kamis, 02 Mei 2013 | 12:23
Lenote: Aplikasi Mencatat yang Minimalis

Kami di MakeMac merupakan para penggila aplikasi desain minimal yang ditata rapih. Untuk menulis, aplikasi yang dipilih sangatlah subyektif, ada yang suka iAWriter, ada juga yang lebih suka ByWord.

Ada pendatang baru di dunia aplikasi pencatat (note taking) minimalis, bernama Lenote.

Tidak seperti aplikasi lainnya yang menyerahkan penyimpanan dan pengaturan dokumen di iCloud atau lokal. Lenote mempunyai sistem pengaturan catatan berupa Notebook, bisa dianggap sebagai folder. Catatan atau Note disimpan di dalam Notebook.

Selain kekurangan tersebut, saya menyukai pilihan font dan desain typography yang sangat pas untuk menulis. Saya menyukai bagiamana Lenote mengatur posisi Heading, membuatnya menjadi lebih menonjol tanpa mengubah ukuran font menjadi lebih besar.

Karena Lenote mengusung konsep minimalisme, tidak ada tombol yang mengganggu. Menu konteks klik sekunder juga di pangkas, hanya menu-menu paling berguna saja yang ditampilkan. Pada bagian kiri bawah terdapat pencarian kata pada note yang terpilih, tadinya saya kira untuk mencari judul Note karena posisinya berada di sidebar.

Sekilas Lenote seperti memakai format Markdown, tapi sebenarnya bukan. Kurangnya dukungan format Markdown menjadi *dealbreaker* bagi saya. Format Markdown saya pakai setiap hari untuk menulis di MakeMac yang dapat mempercepat proses penulisan. Selain kurangnya format Markdown. Saat ini tidak ada statistik jumlah kata yang sangat penting bagi para penulis.

Versi awal Lenote tampaknya ditujukan untuk membuat catatan kecil. Semoga, ketika semakin matang aplikasinya, Lenote bisa menjadi aplikasi menulis yang menjadi pilihan para pengguna.

Lenote merupakan aplikasi pertama untuk OS X yang dibuat oleh Peng Gu. Aplikasi pertama yang indah, saya tidak sabar dengan update selanjutnya. Ketika artikel ini ditulis, Lenote dibandrol gratis. Silakan dicoba, hadapi aliran minimalisme, total fokus ke tulisanmu.

Download · Harga:

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest