Follow Us

10 Pelajaran Berharga Bagi Pemilik Baru iPhone 5

Sayz Lim - Selasa, 14 Mei 2013 | 13:51
10 Pelajaran Berharga Bagi Pemilik Baru iPhone 5

Salah satu saudara saya baru mulai menggunakan iPhone 5. Tentu saja sebagai salah satu penggemar produk Apple, saya tidak bisa tinggal diam dan dengan antusias menjelaskan berbagai fitur-fitur berguna bagi pengguna iPhone.

Nah, setelah mengetahui berbagai tips seputar iPhone, dia memberitahu saya sepuluh pelajaran berharga yang ia dapatkan sebagai pengguna iPhone baru.

1. Memegang iPhone 5 Terasa Keren

Salah satu alasan mengapa ada orang yang cuma membeli iPhone tanpa benar-benar mengetahui manfaat iPhone. Kamu bisa membagi pengguna iPhone dalam dua kelompok, yang cuma bergengsi atau benar-benar ingin memanfaatkan iPhone dalam kegiatan sehari-hari. Tanpa peduli kelompok manapun kamu berada, iPhone 5 yang ramping dan terpoles memberikan kesan yang berbeda dibanding smartphone lain.

2. Siri, Asisten (Rada) Pintar

Asisten pribadi Siri adalah fitur andalan yang dijago-jagokan dirilis khusus buat iPhone 4S. Menggunakannya adalah satu hal lagi. Membutuhkan pelafalan yang tepat agar Siri bisa menjalankan perintah-perintah seperti menentukan alarm, memeriksa cuaca, dan melakukan panggilan. Meskipun saudara saya tidak lancar menggunakan Siri, kepintaran Siri dalam melaksanakan tugas-tugas di iPhone tidak berhenti membuatnya terkagum-kagum.

3. Mengaktifkan Kamera Dari Lockscreen

Iklan terbaru iPhone 5 menayangkan beberapa cuplikan di mana orang asing yang baik hati membantu mengambil foto. Setiap cuplikan tidak menampilkan pemilik iPhone yang tergesa-gesa membuka kunci di iPhone. Mengapa bisa demikian? Fitur iOS 6 menawarkan cara cepat mengaktifkan kamera dengan menarik lambang kamera ke atas.

4. Jangan Download Aplikasi Gratis Sembarangan

Mungkin ini pelajaran yang paling berharga bagi setiap pengguna iPhone baru. Memilih aplikasi berkualitas dari App Store adalah sebuah skill. Jangan sampai memenuhi layar iPhone dengan berbaris-baris aplikasi gratis dan lite yang sama sekali tidak bisa dinikmati sepenuhnya. Kalau masih bingung mencari aplikasi yang cocok untuk mengerjakan sebuah tugas, silakan buka daftar collections (yang berada di halaman navigasi) untuk melihat semua aplikasi pilihan MakeMac.

5. Mengatur Fokus dan Mengambil Foto Panorama

iPhone 5 mempunyai salah satu kamera terbaik yang bisa membuat foto apapun terlihat tajam. Teknik mengambil foto yang baik tidak lepas dari yang namanya fokus kamera. Sentuh dan tahan posisi tertentu di layar iPhone untuk menentukan fokus. Ingin mengabadikan permandangan alam saat berada di puncak gunung? Fitur Panorama iOS 6 di iPhone 5 memenuhi posisi ini dengan sempurna.

6. Mengambil Foto Sambil Merekam Video

Kejahilan yang tidak pernah basi adalah membohongi teman-teman bahwa kamu akan mengambil foto, padahal lagi merekam video. Ubah kebohongan menjadi kenyataan menggunakan iPhone 5. Saat merekam video, kamu tetap dapat mengambil foto seperti biasa dengan menekan lambang kamera di layar.

7. Tidak Terganggu Saat Tidur

Do Not Disturb adalah fitur iOS 6 yang mendiamkan semua suara dan alert iPhone pada jam-jam tertentu. Ia seharusnya masuk ke dalam fitur-fitur yang patut diaktifkan pada iPhone baru. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa memastikan tidak ada panggilan, selain orang penting, bisa menganggu mimpi indahmu di malam hari.

8. Menjadikan iPhone Personal Hotspot

Bukan berita baru. Tapi ada juga yang tidak tahu bahwa iPhone bisa dijadikan Personal Hotspot buat perangkatmu yang lain. Cara mengaktifkannya cukup mengakses Settings ร‚ยป Personal Hostpot. Koneksi bisa melalui Wi-Fi, Bluetooth, atau kabel USB. Baca panduan ini apabila Personal Hotspot menghilang.

9. Mengatur Lock Rotation

Mengunci rotasi layar pada iPad bisa menggunakan switch di sisi kanan iPad. Kalau mengunci layar pada iPhone sedikit tersembunyi karena tidak dapat diakses menggunakan switch, melainkan harus mengaktifkan multitasking bar dengan menekan tombol Home dua kali, kemudian swipe jari ke kanan untuk memunculkan pilihan tombol pengendali audio dan lock rotation.

10. Memasukkan Facebook Bukan Ide Yang Baik

Pernahkah kamu merasa kaget dengan jumlah kontak yang mencapai ribuan setelah memasukkan akun Facebookmu ke iPhone? Tidak perlu panik karena cara menghilangkannya tanpa merusak kontak-kontak di iPhone bisa dilakukan dengan mudah.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest