Follow Us

Monosnap: Ganti Skitch Tanpa Bergantung Pada Evernote

Sayz Lim - Selasa, 21 Mei 2013 | 12:28
Monosnap: Ganti Skitch Tanpa Bergantung Pada Evernote

Beberapa aplikasi dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan supaya mempermudah para pengguna, misalnya Skitch yang terintegrasi dengan Evernote. Tetapi tidak semua pengguna ingin memasukkan hasil screenshot ke Evernote. Nah, kamu yang membutuhkan aplikasi serupa namun tidak ingin bergantung pada Evernote dapat mencoba Monosnap.

Awalnya saya meragukan fitur-fitur Monosnap, terutama karena lambang aplikasi yang kurang menawan. Tetapi setelah melihat ulasan pengguna di App Store, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba Monosnap.

Monosnap tidak menampilkan lambang aplikasi di Dock dan bekerja dari menu bar. Kamu dapat menggunakan shortcut, yang dapat diubah nanti, untuk merekam sebagian atau seluruh layar. Hasil screenshot bisa diteruskan ke Monosnap Editor di mana kamu bisa membubuhkan teks, menambahkan panah, atau mengubah ukuran screenshot.

Saya suka dengan kemampuan menentukan aksi setelah pengambilan screenshot. Kalau ingin mengubah hasil screenshot, maka tentukan ia membuka Monosnap Editor, atau lebih fleksibel lagi bisa menentukan aplikasi pilihanmu, seperti Acorn atau Pixelmator, untuk pengeditan screenshot. Sayangnya pada versi 2.0.0 ini fungsi editor pilihan tidak bekerja seperti yang diharapkan. Ia sering berpindah kembali menjadi Preview meskipun sudah diganti berkali-kali.

Setelah selesai upload pun kamu dapat menentukan jenis tautan yang disalin Monosnap, apakah tautan situs atau tautan langsung ke sumber screenshot.

Pilihan tujuan upload juga lebih variatif. Yang mempunyai storage penyimpanan sendiri bisa memilih salah satu dari tiga pilihan yang tersedia: SFTP, FTP, atau WebDAV.

Tidak Terbatas Buat Screenshot

Setelah mencobanya beberapa saat, saya menyadari bahwa Monosnap tidak cuma dirancang untuk menyimpan screenshot. Ia memungkinkan kamu merekam kegiatan di layar. Proses perekaman layar dapat dibikin menjadi interaktif berkat peralatan serupa yang terdapat pada screenshot. Hasil rekaman bisa disimpan atau langsung dikirimkan ke YouTube.

Satu lagi, kamu dapat melakukan live broadcast atau streaming cukup menekan tombol Streaming di pojok kanan atas. Selanjutnya Monosnap akan menyalin tautan streaming yang bisa kamu bagikan ke orang lain.

Kesimpulan

Kelebihan Monosnap terletak pada kecepatan, fitur-fitur kecil, dan kebebasan dalam menentukan tujuan upload hasil screenshot pengguna. Antarmuka Monosnap, terutama pada halaman pengaturan, masih terasa kasar dibandingkan dengan aplikasi indah lainnya. Akan tetapi, perhatian pengembang Monosnap terhadap fitur-fitur dalam kegiatan pengambilan screenshot terasa sangat membantu.

Kalau kamu sering mengambil screenshot, maka Monosnap akan membantu alur pekerjaanmu. Terlebih lagi Monosnap tersedia secara gratis di App Store. Jadi tidak ada salahnya mengunduh dan mencoba aplikasi yang satu ini.

Download Monosnap - screenshot editor ร‚ยท Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest