Follow Us

Terkait Pencabutannya Dari App Store, AppGratis Kini Hadir di Android

Hendra Saputra - Jumat, 24 Mei 2013 | 15:17
Terkait Pencabutannya Dari App Store, AppGratis Kini Hadir di Android

AppGratis, aplikasi yang sebelumnya dicabut dari App Store karena dianggap melanggar peraturan Apple ini kini melakukan manuver tajam. Tidak bisa hadir di App Store, maka mereka muncul di Google Play.

Ya, terkait pencabutan ijinnya dari App Store, kini AppGratis hadir di Android untuk bertahan hidup dan melanjutkan bisnisnya.

Tidak banyak hal berbeda yang dihadirkan AppGratis for Android dengan AppGratis iOS, keduanya sama-sama menghadirkan informasi mengenai aplikasi bermutu apa yang saat ini menjadi gratis untuk waktu yang telah ditentukan.

Mereka juga menghadirkan informasi promo apabila ada sebuah app yang turun harga atau diskon.

Sebelumnya, AppGratis yang diprakarsai oleh Simon Dawlatt ini dicabut Apple dari App Store karena melanggar ketentuan App Store bernomor 2.25 dan 5.6 yang berbunyi demikian:

2.25

Apps that display Apps other than your own for purchase or promotion in a manner similar to or confusing with the App Store will be rejected.

5.6

Apps cannot use Push Notifications to send advertising, promotions, or direct marketing of any kind.

AppGratis sendiri juga sempat dicurigai oleh beragam pihak bahwa mereka, telah melakukan praktik jual beli posisi di Top Chart App Store kepada pengembang berkantong tebal. Tentu saja suasana menjadi semakin keruh dengan mencuatnya hal tersebut.

Apple kemudian menutup fitur push-notification yang dimiliki oleh AppGratis. Aksi oleh Apple ini sepertinya sesuai dengan bunyi peraturan App Store nomor 5.6 yang seperti tertera di atas.

Hingga kini AppGratis masih belum kembali ke App Store namun, diketahui pengguna iOS yang sudah mengunduh AppGratis masih bisa menggunakan aplikasi tersebut seperti biasa. Sebagai informasi, jumlah user AppGratis saat ini sendiri menyentuh angka 10 juta user.

[source site_name = “via Cult of Android” site_url = “http://www.cultofandroid.com/27975/following-app-store-ban-appgratis-turns-to-android-for-survival/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest