Follow Us

NameChanger: Aplikasi Gratis dan Fantastis Mengubah Nama File di Mac

Sayz Lim - Senin, 27 Mei 2013 | 13:49
NameChanger: Aplikasi Gratis dan Fantastis Mengubah Nama File di Mac

Ratusan foto dengan nama sembarangan dalam Finder seharusnya memicu niatmu untuk merapikannya dengan penamaan yang teratur dan deskriptif. Yang rajin akan mengubah nama setiap file satu per satu. Yang pintar akan memanfaatkan aplikasi Mac untuk mempercepat tugas di atas. Yang hemat dan pintar akan menggunakan aplikasi gratis untuk mengubah semua nama file sekaligus.

NameChanger mempersingkat usahamu mengubah nama file dengan menawarkan pengaturan yang serba guna. Baik mengubah sebagian nama file, atau semuanya, kamu dapat melakukannya dengan NameChanger.

Hal pertama yang kamu lakukan setelah menjalankan NameChanger adalah memasukkan semua file yang ingin diubah namanya ke dalam jendela aplikasi. Kemudian kamu akan melihat dua kolom berjudul Original Filename yang menunjukkan nama file asli dan Renamed Filename yang menunjukkan nama yang akan diubah. Pengubahan nama file tidak akan terjadi sampai kamu memilih tombol Rename di bagian kanan atas.

Meskipun NameChanger menawarkan berbagai cara pengubahan nama, seperti memanfaatkan regular expressions, saya tetap merasa kamu cukup menguasai dua pilihan dasar yaitu sequence dan date. Pilihan-pilihan tersebut cukup untuk mengembalikan susunan nama file menjadi rapi.

Sequence, seperti namanya, mengubah serta menambahkan urutan angka ke nama file. Fungsi ini berguna, khususnya ketika kamu ingin mengganti kelompok gambar sekaligus, tetapi tidak ingin memberikan nama unik untuk setiap file. Fotografer yang mengambil banyak foto sekaligus dapat mengelompokkan semua foto-foto dalam satu sesi yang diberikan angka sebagai pembeda.

Seperti contoh pada gambar di atas, sebuah panel baru akan memunculkan pilihan-pilihan di sequence. Tentukan nama file, posisi angka, dan jumlah angka. Agar mengganti semua nama file, maka kamu mesti memilih Replace Entire Filename.

Secara bawaan, susunan urutan file yang ingin diubah bisa diatur dengan memanfaatkan tombol Image Browser di pojok kanan atas. Ia sangat berguna ketika kamu mengelompokkan file yang mirip-mirip secara berdekatan.

Satu lagi pilihan yang bisa digunakan adalah pilihan date. Cara kerjanya sedernaha, yaitu menambahkan tanggal pada nama file. Melabel nama file dengan tanggal bisa memastikan kamu tidak mempunyai nama file yang duplikat di Mac. Praktek ini termasuk bagus untuk jangka panjang. Jadi saya merekomendasikan kamu menelusuri pilihan date.

Kesimpulan

NameChanger adalah sebuah aplikasi gratis dengan fungsi setara dengan aplikasi pengubah nama berbayar. Bila selama ini mencari aplikasi dengan fungsi demikian, maka NameChanger adalah pilihan yang tidak salah. Kamu bahkan bisa mengubah sebagian nama file dengan menggunakan Replace First, Last, dan All Occurence.

Satu tips terakhir sebelum menggunakan NameChanger. Pastikan pilihan Hide Extensions by Default tercentang untuk mencegah terjadinya nama file tanpa extension.

Website | Download | Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest