Follow Us

DailyCost: Catat Pengeluaran di iPhone Dengan Simpel dan Elegan

Hendra Saputra - Kamis, 30 Mei 2013 | 14:38
DailyCost: Catat Pengeluaran di iPhone Dengan Simpel dan Elegan

Tentu saja kita harus mengetahui kemana saja keluarnya uang kita karena jika tidak, bisa-bisa uang kita tanpa tahu untuk apa kita menggunakannya. Hal ini sangat tidak bijak.

Berangkat dari hal tersebut, kali ini kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi yang akan membantu kamu dalam hal mencatat pengeluaran. Aplikasi tersebut bernama DailyCost.

DailyCost berbeda dengan Moni. Ia tidak bisa digunakan untuk mengetahui berapa sisa uang yang kita miliki. Sebaliknya, ia hanyalah sebuah aplikasi, yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa uang yang keluar dan berapa uang yang masuk. Itu saja, tidak lebih.

Dikembangkan oleh pengembang asal China Guopeng Liang, aplikasi yang masuk ke dalam kategori Finance ini menawarkan skema pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang sangat simpel dan elegant. Hal ini tentu saja selaras dengan tagline yang mereka anut: Keep It Simple and Elegant.

Tagline itu sendiri diwujudkan dengan sistem pengoperasian DailyCost yang sama sekali tidak sulit. Untuk menulis pengeluaran/pemasukan, kamu hanya perlu menarik kertas yang tersedia di halaman depan aplikasi ini. Seusai menarik, halaman input sendiri akan muncul dihadapanmu. Di sini kamu bisa menulis berapa pengeluaran/pemasukan kamu, mengkategorikannya, dan membubuhkan catatan khusus untuknya.

DailyCost juga menyediakan sebuah charts di bagian atas aplikasinya. Dalam posisi portrait, peran charts tersebut memang tidak terlalu besar, tapi coba atur perangkatmu ke tampilan landscape. Charts tersebut akan memenuhi layar iPhone kamu, sekaligus memaparkan secara gamblang kemana saja uang kamu dalam 1 minggu terakhir.

Harus diakui, sangat sulit untuk menemukan cara meng-input pemasukan ke dalam DailyCost. Mungkin karena tujuan sang pengembang buat menjadikan aplikasi ini sebagai sarana pencatat pengeluaran saja.

Untuk menulis pemasukan, sebelum menulis berapa uang yang sudah kamu keluarkan, tap dahulu icon minus yang ada di halaman input. Setelah itu, masukan jumlah uangnya. Jika sudah, tap centrang yang ada di bagian bawah kanan layar. Warna angka yang tertera itu akan berubah menjadi hijau, tandanya, ia sudah terdeteksi sebagai sebuah pemasukan. Tap centrang sekali lagi untuk menyelesaikan proses.

Di DailyCost, seluruh pengeluaran/pemasukan kamu dirangkum dalam format mingguan. Hal ini saya rasa dimaksudkan buat meminimalisir terlalu banyak data yang bisa memicu kita menjadi malas mencatat pengeluaran lagi.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Hendra Saputra

Latest