Follow Us

Tagger: Memperbaiki Informasi Lagu Dengan Cepat

Sayz Lim - Jumat, 07 Juni 2013 | 12:04
Tagger: Memperbaiki Informasi Lagu Dengan Cepat

Memiliki koleksi album dengan informasi yang benar dan lengkap bukan sebuah kewajiban. Saya pernah melihat isi library iTunes teman-teman saya yang mempunyai banyak karakter yang tidak bisa dibaca. Tetapi itu tidak menghambat mereka menikmati lagu yang diputar.

Meskipun demikian, sebuah perasaan puas akan muncul iTunes menampilkan setiap album dengan susunan yang rapi dan benar. Dampaknya terasa juga terasa saat lagu diputar pada aplikasi Music dengan Home Sharing. Cover album yang indah, judul lagu yang benar. Pernahkah kamu menginginkan library demikian?

Langkah pertama adalah merapikan koleksi lagumu.

Setiap file audio mengandung informasi lagu seperti nama penyanyi, nama album, dan tahun terbit beserta informasi lainnya. Informasi tersebut dikenal dengan istilah metadata. Kamu bisa mengganti setiap metadata lagu melalui iTunes. Supaya lebih cepat lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi gratis bernama Tagger.

Tagger adalah aplikasi editor metadata yang memungkinkan kamu mengganti informasi setiap lagu dengan cepat. Tidak seperti iTunes yang harus menampilkan jendela saat menyunting metadata lagu, Tagger mempunyai antarmuka dua kolom, dengan sisi kiri menampilkan folder, dan sisi kanan menampilkan metadata lagu yang terpilih. Tata letak ini memungkinkan kamu berpindah dari satu lagu ke lagu lainnya tanpa harus melewati langkah konfirmasi yang bertele-tele.

Langkah selanjutnya cukup sederhana. Buka folder di mana lagu disimpan, supaya cepat, kamu bisa menggunakan shortcut Command + O untuk membuka folder. Pilih salah satu lagu dan informasi lagu akan ditampilkan di samping. Pilih beberapa lagu sekaligus untuk menggantinya sekaligus. Cara ini cukup berguna bila kamu ingin menyamakan nama album, nama artis, dan tahun rilis.

Ganti sesuai dengan informasi yang bisa ditemukan dari Wikipedia atau situs resmi artis. Sebagai tambahan, Tagger memiliki pencarian bawaan yang memanfaatkan data dari Vgmdb untuk melengkapi metadata lagu. Masukkan nama album atau nama artist dalam kolom pencarian dan tekan tombol search. Bila cocok, kamu dapat memilih untuk menyalin informasi setiap lagu langsung, menghemat waktu pencarian dan penyalinan.

Kesimpulan

Kalau kamu mempunyai koleksi lagu yang besar dan ingin memperbaiki setiap lagu dengan cepat, maka Tagger dapat mempersingkat waktu penyuntingan dari puluhan jam menjadi beberapa jam.

Website | Download | Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest