Follow Us

OS X 10.9 Mavericks: Tetap Gahar Meski Bukan Kucing Besar

Hendra Saputra - Selasa, 11 Juni 2013 | 08:00
OS X 10.9 Mavericks: Tetap Gahar Meski Bukan Kucing Besar

Ucapkan selamat datang pada OS X yang ‘bukan-dari-keluarga-kucing-lagi’, Mavericks. Ya, Mavericks adalah OS X 10.9 yang baru saja diperkenalkan Apple pada WWDC 2013.

Dipresentasikan oleh Craig Frederighi (SVP of Software Engineering Apple), OS X 10.9 hadir dengan beragam fitur terbarunya yang terbilang ‘fresh’.

Craig memulainya dengan memperkenalkan ‘Finder Tabs’, sebuah fitur baru di Finder OS X yang memungkinkan kamu mengelola beragam window Finder menjadi sebuah tab. Contoh mudahnya lihat tabs pada Safari yang ada sekarang, mirip seperti itu. Craig juga memperkenalkan fitur Tagging, fitur di mana kamu bisa mengklasifikasikan file-file yang kamu miliki ke dalam kategori tertentu. Tujuannya? Tentu saja untuk memudahkan kamu.

Salah satu fitur yang cukup menyedot banyak perhatian adalah Multi Display. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengoperasikan OS X di 2 atau 3 monitor yang berbeda. Secara mandiri. Secara mandiri di sini maksudnya adalah apabila kamu tengah mengoperasikan iWork secara full screen di layar utama, maka kegiatan kamu untuk melihat data di PDF pada layar tambahan tidak akan terganggu sama sekali. Begitu pula halnya bila kamu mengkombinasikan Mac kamu dengan 3 layar sekaligus.

App Nap dan Compressed Memory sendiri merupakan 2 buah fitur yang cukup membuat saya beranjak dari tempat duduk saya. Keduanya berfungsi untuk mengoptimalkan performa Mac kita. Ilustrasi prosesnya sendiri seperti ini: bila kamu sedang menjalankan GarageBand, lalu di waktu yang bersamaan kamu membuka iTunes, maka sistem secara otomatis akan mengalokasikan penggunaan daya memori untuk aplikasi yang sedang berjalan saja.

Kemudian ada iCloud Keychain yang berfungsi menghadirkan solusi kata kunci (password) yang sangat aman untuk beragam akun kamu, peningkatan kemampuan Notification dan juga tampilan Calendars app yang baru di OS X 10.9.

OS X 10.9 tidak disebutkan telah mendukung Siri tapi, Craig menyampaikan bahwa Apple Maps dan juga iBooks tersedia untuk Mavericks.

Apple juga diketahui memperkenalkan Safari terbaru yang hadir bersama dengan OS X Mavericks. Safari terbaru hadir dengan tampilan yang serba baru, penggunaan teknologi Nitro Tiered JIT dan Fast Start yang menjadikan Safari kini jadi lebih responsif dan cepat, serta shared link.

Mavericks versi beta sendiri sudah tersedia untuk para pengembang terdaftar mulai hari ini dan akan diluncurkan pada musim gugur mendatang.

Kamu bisa melihat preview lengkap OS X 10.9 lewat tautan ini.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest