Follow Us

Pinna: Putar Semua Lagu Exfm Tanpa Browser

Sayz Lim - Selasa, 18 Juni 2013 | 12:32
Pinna: Putar Semua Lagu Exfm Tanpa Browser

Saya pernah menceritakan bagaimana saya membuat koleksi lagu dari berbagai layanan seperti YouTube, SoundCloud, dan exfm menggunakan CloudPlay. Mendengarkan lagu secara online tanpa mengunduh terlebih dahulu mengandung daya tarik tersendiri. Selain tidak menyita ruang Mac, puluhan ribu lagu dapat diakses secara gratis langsung dari dalam aplikasi.

Pelanggan Grooveshark bisa menggunakan Shiny Groove. Bagaimana dengan nasib pelanggan exfm? Baiklah, sekarang kamu dapat menggunakan Pinna, sebuah aplikasi yang menggabungkan exfm dan iTunes dalam satu tempat.

Memutar Lagu exfm Langsung Dari Pinna

Tampilan Pinna mirip dengan Ecoute. Terdiri dari sebuah jendela kecil, Pinna menampilkan semua lagu dalam satu tempat yang dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan playlists, artists, albums, dan songs. Perbedaan utama antara Pinna dengan Ecoute terletak pada sistem navigasinya. Pada Ecoute, jejak navigasi terletak pada bagian atas, tetapi tidak demikian dengan Pinna. Yang membuat Pinna berbeda adalah jendela kanan yang berisi queue.

Setiap lagu yang dimainkan akan masuk ke dalam queue. Sayangnya, tidak ada shortcut pencarian global yang memungkinkan kamu menambahkan lagu ke dalam queue tanpa harus mengaktifkan Pinna. Pasalnya, bagi yang mendengarkan lagu sambil bekerja, sebuah pilihan mencari dan menambahkan lagu di tengah aplikasi yang aktif adalah sebuah hal yang umum. Berhenti bekerja sejenak dan mengaktfikan aplikasi lain justru menghambat suasana kerja yang sudah tercipta.

Terlepas dari kekurangan ini, Pinna tetap cukup menarik bagi pelanggan exfm. Berkat integrasi exfm yang mendalam, kamu bisa membuka tab Explore dan melihat semua lagu yang lagi trending. Langsung dari dalam Pinna, tanpa menyalakan browser, namun tetap membutuhkan koneksi Internet, kamu dapat mendengarkan lagu secara gratis. Menambahkan lagu dari exfm ke queue hanya cukup dengan drag and drop. Selesai. Nikmati semua koleksi lagu exfm tanpa harus mengunduh satu lagu pun.

Art Mode dan Notifikasi Menu Bar

Aplikasi pemutar lagu sepertinya tidak bisa lepas dari menampilkan artwork album di desktop. Biasanya memunculkan cover atau judul lagu yang sedang dimainkan memang membuat desktop menjadi lebih hidup dan berkesan (bagi orang lain). Dalam halaman pengaturan Pinna kamu dapat menentukan ukuran cover album. Meskipun tidak mendukung tema seperti Ecoute ataupun Bowtie, transisi jendela aplikasi menjadi cover album tetap memukau perhatian saya.

Selain Art Mode, ketika terjadi perpindahan lagu, Pinna akan menampilkan notifikasi sekilas di menu bar. Akan lebih baik lagi apabila Pinna menambahkan integrasi Growl atau Notification Center dalam menampilkan notifikasi.

Kesimpulan

Masih ada beberapa fitur di Pinna yang belum saya bahas seperti bisa terhubung ke exfm dan last.fm sekaligus. Menampilkan dan mengubah lirik lagu dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut Command + Shift + L. Dengan memasang PlayKeys, kamu bisa menggunakan tombol media (F7–F9) untuk mengendalikan Pinna.

Kalau kamu pelanggan exfm, Pinna adalah sebuah aplikasi yang wajib terpasang pada Mac. Bagi yang membutuhkan alternatif iTunes dan juga akses ke puluhan ribu lagu secara percuma-cuma, maka Pinna melaksanakan kedua tugas di atas dengan baik.

Download · Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest