Follow Us

Pembayaran Royalti Apple Kepada Label Musik Lebih Baik Daripada Pandora

Hendra Saputra - Kamis, 27 Juni 2013 | 14:37
Pembayaran Royalti Apple Kepada Label Musik Lebih Baik Daripada Pandora

Apple dikabarkan telah mengirim sebuah pengajuan kepada para label independent (indie) terkait layanan iTunes Radio yang akan rilis musim gugur ini.

Menurut Wall Street Journal, pembayaran royalti yang diberikan oleh Apple diketahui lebih baik dibanding Pandora. Untuk setiap lagu yang diputar, Apple akan membayar $0.13 untuk setiap lagu yang diputar, plus 15% pendapatan iklan kepada label tersebut. Lalu di tahun ke–2, Apple akan membayar $0.14 per lagu, dengan 19% pembayaran dari pendapatan iklan.

Sebagai perbandingan, Pandora hanya membayar label sebesar $0.12 saja untuk setiap lagu yang diputar.

Di samping pembayaran, Apple juga tidak harus membayar royalti jika hal-hal berikut terwujud. Apple tidak harus membayar jika pengguna sudah memiliki album atau lagu tersebut di iTunes Librariesnya, tidak harus membayar jika lagu tersebut dipilih untuk dipromosikan iTunes (Heat Seeker), tidak harus membayar jika lagu yang didengar tidak sampai 20 detik, dan tidak perlu membayar untuk 2 buah lagu yang didengar dalam satu jam buat pengguna tertentu.

Wall Street Journal juga mengabarkan bahwa pengajuan ini serupa dengan yang diberikan Apple kepada label-label besar seperti Universal Music, Warner Music dan Sony Music.

iTunes Radio sendiri akan dirilis pada musim gugur ini di US, bersamaan dengan rilis iOS 7 secara luas ke pasaran.

[source site_name = “Wall Street Journal” site_url = “http://blogs.wsj.com/digits/2013/06/26/apple-spells-out-itunes-radio-terms-for-record-labels/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest