Follow Us

Selamat Ulang Tahun iPhone! 6 Tahun yang Revolusioner

Kuswanto - Minggu, 30 Juni 2013 | 14:13
Selamat Ulang Tahun iPhone! 6 Tahun yang Revolusioner

Salah satu hari yang luar biasa adalah ketika iPhone pertama kali diumumkan oleh mendiang Steve Jobs pada Januari 9, 2007 di MacWorld. Spekulasi dan rumor sebelum keynote mengenai Apple membuat sebuah revolusi telepon genggam yang sama sekali baru bertebaran di seluruh situs teknologi. Ketika itu telepon genggam dikuasai oleh perangkat tebal, tombol menonjol. Teknologi layar sentuh sudah ada, belum mendukung multi-sentuh dan tentunya dengan stylus. Dan, iPhone-lah yang memulai revolusi layar sentuh.

Tahun 2007 merupakan tahun yang sangat penting bagi Apple dan penggunanya di seluruh dunia. iPhone membuat semua orang terperangah dengan betapa sederhananya antarmukanya dan cara pakainya, yang sekarang ditiru oleh produsen smartphone lain. OS iPhone pertama belum dinamai iOS, melainkan iPhone OS, berubah menjadi iOS pada versi ke–4.

Pada versi pertama iPhone OS, tidak ada App Store, aplikasi pihak ketiga yang tersedia hanyalah halaman website yang bisa di-bookmark. Bayangkan saat itu belum ada 3G, masih berupa koneksi data GPRS yang sangat lambat dipakai untuk membuka aplikasi web. Apalagi paket data tidak semurah saat ini. Saya sendiri mulai memakai iPhone 2G pada tahun 2008, dan sungguh merupakan pengalaman yang sangat istimewa bisa mencoba iPhone mulai dari generasi pertama hingga yang terbaru saat ini.

Pada versi iPhone OS kedua, barulah muncul App Store dan pengguna di Indonesiapun bisa langsung unduh aplikasi, karena sudah banyak pengguna iPhone yang memakai iPhone 2G. Apple juga meluncurkan iPhone 3G yang mempunyai layanan data 3G. iPhone resmi 3G di Indonesia baru muncul pada pada Maret 2009.

Apple menunjukan inovasi cerdasnya dengan versi iPhone selanjutnya. iPhone 3GS membuat iPhone 3G terasa sangat lambat, karena adanya pemutakhiran perangkat keras yang cukup signifikan.

Versi iPhone dan iOS selanjutnya lebih berat bagi Apple, karena munculnya Android yang berusaha mengikuti perkembangan iOS yang mulai matang. Kemudian muncul juga pabrikan perangkat Android yang membuat perangkat bergerak sangat beragam.

Posisi iPhone saat ini masih menjadi tetap yang terdepan . Sekitar beberapa minggu lalu Apple kembali membuat orang geleng-geleng kepala dengan desain baru iOS 7. Menandakan bahwa Apple tidak takut akan perubahan dan tetap mampu berinovasi memberikan seusuatu yang baru.

Bagaimana pengalaman sebagai pengguna iPhone? Silakan berbagi di komentar, mulai dari versi iPhone, keluh kesal, pokoknya ceritakan, deh, semuanya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest