Follow Us

Menceraikan Samsung, Apple Resmi Menggandeng TSMC Untuk Merakit Chip A Series

Hendra Saputra - Senin, 01 Juli 2013 | 12:32
Menceraikan Samsung, Apple Resmi Menggandeng TSMC Untuk Merakit Chip A Series

Apple resmi menandatangani perjanjian dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), terkait perakitan chip A series per tahun 2014 mendatang. Kabar ini dipublikasikan oleh Wall Street Journal (WSJ) berdasarkan informasi resmi dari salah satu eksekutif TSMC.

This month, after years of technical delays, Apple finally signed a deal with Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. to make some of the chips starting in 2014, according to a TSMC executive. The process had been beset by glitches preventing the chips from meeting Apple’s speed and power standards, TSMC officials said.

Chip itu sendiri akan menggunakan arsitektur 20 nanometer, yang tentunya akan berdampak pada ukuran dan penggunaan daya dari chip tersebut.

Selain kesepakatan terkait perakitan chip, Apple ternyata juga mengajukan 2 hal lain kepada TSMC: pengajuan investment dari Apple, serta pembuatan pabrik khusus perakitan chip Apple. Kedua pengajuan Apple yang lain ini ditolak oleh TSMC dengan alasan ingin menjaga independensi perusahaannya.

Apple sebelumnya mempercayakan perakitan chip A Series kepada Samsung. Tapi karena persaingan yang semakin ketat dengan Samsung, hubungan kerjasama itu sendiri cidera. Hal ini membuat Apple harus berpikir bagaimana caranya beralih dari Samsung dan mencari penggantinya.

Kerjasama Apple – Samsung sendiri menurut WSJ mencapai angka 10 milyar dollar, dan penjualan komponen lainnya mencapai 59 milyar dollar. Tentu saja pendapatan Samsung akan tergerus dengan membelotnya Apple ke TSMC.

[source site_name = “Wall Street Journal” site_url = “http://online.wsj.com/article/SB10001424127887324682204578513882349940500.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest