Follow Us

Ringankan Beban Jari Dengan Membelah Keyboard iPad

Sayz Lim - Selasa, 16 Juli 2013 | 13:49
Ringankan Beban Jari Dengan Membelah Keyboard iPad

Tidak perlu diragukan bahwa keyboard di iOS menyembunyikan banyak fitur yang bisa membuat pengalaman mengetik menjadi menarik. Salah satu fitur yang paling terkenal di kalangan pengguna iPhone dan iPad adalah mengaktifkan emoji yang membuat tulisan menjadi semakin lucu.

Tetapi mengetik di iPad terbukti cukup melelahkan dibandingkan daripada iPhone. Khususnya bagi pengguna iPad yang tangannya kecil. Demi meringankan beban jari pengguna iPad, Apple akhirnya menambahkan fitur split keyboard yang mulai tersedia sejak iOS 5.

Membelah keyboard iOS sangat mudah dan terbukti berguna ketika kamu ingin memegang iPad pada bagian tengah. Namun sebelum itu, kamu perlu mengaktifkan fitur ini pada halaman pengaturan yang berada di Settings > General > Split Keyboard.

Ada beberapa cara untuk membelah keyboard iOS. Yang paling umum adalah menahan tombol keyboard yang berada di pojok kanan bawah keyboard yang akan menampilkan dua pilihan: Undock dan Split.

Undock melepaskan keyboard dari bagian bawah layar sehingga ia terlihat melayang pada bagian tengah layar, membuat posisi memegang iPad menjadi semakin nyaman. Sedangkan Split sendiri membelah keyboard menjadi dua bagian sehingga jari lebih mudah menjangkau tombol-tombol keyboard. Kamu dapat menggabungkan kedua pilihan tersebut sesuai keiinginan.

Selain menggunakan metode menahan, kamu juga dapat membelah keyboard dengan menarik keyboard ke arah luar menggunakan dua jari ke arah yang berlawanan. Lakukan langkah sebaliknya untuk menggabungkan keyboard kembali. Undock dapat dilakukan dengan menarik tombol keyboard ke arah atas, sampai kamu menemukan posisi yang diinginkan.

Meskipun jarang terjadi, kadang-kadang kamu akan menemukan keyboard berada terus di bagian atas layar, menutupi bagian yang seharusnya menampilkan tulisan yang ditekan. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu hanya perlu mematikan dan menyalakan kembali fitur Split Keyboard yang terdapat pada halaman pengaturan. Dengan mempelajari tips ini, seharusnya kamu dapat lebih nyaman lagi mengetik menggunakan iPad.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest