Follow Us

Tips Supaya Baterai iPhone dan iPad Lebih Hemat di iOS 7

Kuswanto - Senin, 23 September 2013 | 15:04
Tips Supaya Baterai iPhone dan iPad Lebih Hemat di iOS 7

Update 23/09/2013: Artikel kami sudah disesuaikan dengan versi final iOS 7 yang baru saja dirilis Apple. Versi asli sudah published sejak tanggal 6 Agustus 2013.

iOS 7 saat ini memang masih beta, tapi ia sudah mencetak sejarah dengan menjadi versi beta iOS dengan tingkat adopsi tertinggi. Karena masih beta, masalah-masalah yang kerap terjadi sebenarnya wajar saja. Salah satunya adalah masalah borosnya baterai.

Seorang anggota forum MacRumors sendiri menuliskan tips terbaik supaya iOS 7 tetap hemat baterai, dan juga situs ExtremeTech, menghadirkan bagaimana caranya mengurangi lag (ngadat) pada perangkat iOS 7. Dan berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Turunkan Brightness: Perangkatmu tidak perlu terlalu terang, redupkan saja cahayanya supaya bateraimu lebih awet. Manfaatkan Control Center buat mengurangi pencahayaan di perangkatmu.

  2. Sign Out Dari Layanan Yang Tidak Terpakai: Jarang menggunakan layanan-layanan yang kami hadirkan di bawah ini? Lebih baik sign out supaya bateraimu awet.

    iCloud iTunes App Store iMessage
    Homesharing Facebook Twitter Vimeo
    Flickr Find My Friends Find My iPhone
  3. Matikan System Services di Location Services, bisa di akses melalui Settings > Privacy > Location Services > System Services. Yang harus dimatikan adalah:

    Location-Based iAds Popular Near Me Traffic
    Frequent Locations WiFi Networking
  4. Matikan Bluetooth dan Beralih ke Airplane Mode: Secara bawaan, Bluetooth pada iOS 7 selalu menyala, jadi pastikan gunakan jika memang sedang diperlukan. Dan jika kamu sedang memainkan game offline, pastikan mode pesawat atau Airplane Mode sedang dalam kondisi aktif. Pastikan juga untuk menon-aktifkan WiFi mu di tempat non-WiFi.

  5. Matikan efek Parallax: Memang salah satu kelebihan iOS 7 ada di hal yang satu ini, tapi fitur ini benar-benar membuat bateraimu cepat habis. Akses Settings > General > Accessibility > Reduce Motion > Off On untuk mematikannya.

  6. Matikan Background App Refresh: Fitur ini akan memutakhirkan data ketika aplikasi tidak aktif/berjalan. Walaupun terdengar berguna, tapi jika dimatikanpun tidak akan terlalu mengganggu kenyamanan multitasking iOS 7. Lagipula, datanya akan diupdate kembali ketika aplikasinya aktif. Background App Refresh ada di Settings > General > Background App Refresh.

  7. Matikan Spotlight: Spotlight memerlukan proses yang cukup menguras baterai apabila perangkatmu memiliki data yang sangat banyak, lebih-lebih, jika kamu jarang menggunakannya. Matikan saja.

  8. Matikan Raise to Speak pada Siri: Pilih mana, gaya atau baterai yang hemat? Saya pilih yang kedua. Fitur ini memungkinkan kita buat mengakses Siri dengan hanya menyendengkan telepon ke arah telinga kita saja. Keren memang, tapi menguras baterai.

Semoga baterai iOS 7 kamu kembali menjadi hemat. Silakan berbagi pengalaman tips ini di komentar. Kalau punya tips lain, jangan sungkan tuliskan di komentar.

Kami juga sebelumnya sudah memberikanmu beragam tips dan how-tos lainnya perihal iOS 7. Kamu bisa akses pada tautan di bawah ini:

Editor : Kuswanto

Latest