Follow Us

Tips: Mengurutkan Perangkat Jaringan Supaya Selalu Terhubung Ke Internet

Kuswanto - Selasa, 13 Agustus 2013 | 20:12
Tips: Mengurutkan Perangkat Jaringan Supaya Selalu Terhubung Ke Internet

Sebenarnya OS X cukup pintar bisa mendeteksi jaringan mana yang mempunyai akses ke internet dan selalu menempatkannya pada peringkat paling atas. Terlebih lagi apabila pengguna diharuskan terkoneksi ke dua jaringan yang berbeda sekaligus. Misalnya jaringan rumah untuk penyimpanan file melalui WiFi, satu lagi tethering ke iPhone sebagai gerbang melalui Internet. Di OS X, pengguna dapat mengurutkan prioritas perangkat yang terhubung ke Internet.

Apabila urutan perangkat networknya salah, komputer tidak akan bisa terhubung ke Internet. Misalnya, suatu iMac untuk terhubung ke Internet melalui WiFi, sedangkan untuk copy files melalui kabel ethernet. Pada System Preferences > Network, Ethernet terdapat pada posisi paling atas, sedangkan WiFi ada dibagian kedua. Sampai kapanpun, OS X tidak akan bisa membuka halaman website.

Di System Preferences > Network, klik tombol Gear di bagian bawah daftar perangkat jaringan. Pilih Set Service Order, akan muncul jendela pop-up. Tempatkan perangkat yang terhubung ke Internet pada posisi paling atas.

Dengan mengetahui fitur ini, apabila suatu saat kamu OS X tidak bisa terhubung ke Internet, tapi semua koneksi menyala hijau. Bisa jadi kamu melakukan kesalahan pada pengurutan perangkat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest