Follow Us

‘Steve JobsSchool’ Resmi Beroperasi di 7 Kota di Belanda

Hendra Saputra - Rabu, 21 Agustus 2013 | 22:27
‘Steve JobsSchool’ Resmi Beroperasi di 7 Kota di Belanda

7 ‘Steve JobsSChool’ atau sekolah Steve Jobs pertama di dunia, yang beroperasi di Belanda ini, telah resmi di buka. Hadir dengan kurikulum untuk anak usia 4–12 tahun, sekolah ini menawarkan aktivitas keseharian yang hampir semuanya dituntaskan dengan sebuah iPad.

Menurut berita yang kami kutip dari AppleInsider, kurikulum Steve JobsSchool dikembangkan oleh The Education for a New Era Foundation atau O4NT, dan bakal digunakan untuk 1,000 murid pertama sekolah itu.

Adapun 7 kota di Belanda yang telah kehadiran sekolah itu adalah; Sneek, Breda, Almere, Emmen, Heenvliet, dan Amsterdam.

Khusus untuk Steve JobsSchool di kota Sneek dan Breda, kurikulum iPad sudah diberlakukan untuk seluruh kelas, sedangkan untuk sekolah di 5 kota lainnya, akan diimplementasikan secara bertahap.

Because the curriculum is available on the iPad 24/7, parents can schedule their child’s vacation period and school hours.

Penggunaan iPad sendiri bukan tanpa alasan, apalagi hanya untuk penghias karena nama sekolahnya adalah Steve JobsSchool. Menurut O4NT, menggunakan iPad adalah sebuah metode pendekatan yang paling mujarab, guna memenuhi 58 tujuan inti yang dicanangkan oleh kementerian pendidikan Belanda. Selain itu, kurikulum ini mempermudah para pengajar untuk mengetahui minat dan keinginan muridnya satu per satu.

Tapi tidak hanya itu keunikkan dari Steve JobsSchool ini ketimbang sekolah lainnya. Selain menggunakan kurikulum berbasis iPad, Steve JobsSchool juga tidak lagi memanfaatkan piranti-piranti sekolah pada umumnya seperti papan tulis, kapur, wali kelas, kelas formal, jadwal pelajaran, pena, guru mengajar di depan ruang kelas, hari libur dan lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Spiegel Online beberapa bulan yang lalu.

There will be no blackboards, chalk or classrooms, homeroom teachers, formal classes, lesson plans, seating charts, pens, teachers teaching from the front of the room, schedules, parent-teacher meetings, grades, recess bells, fixed school days and school vacations. If a child would rather play on his or her iPad instead of learning, it’ll be okay. And the children will choose what they wish to learn based on what they happen to be curious about.

Nah, kalau begitu, jika Steve JobsSchool sampai membuka cabang di Indonesia nantinya, apakah kamu para pembaca MakeMac – khususnya yang sudah dan akan segera punya anak – mau menyekolahkan anakmu di sini? Beritahu kami di kolom komentar.

[source site_name = “AppleInsider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/13/08/21/first-7-steve-jobsschools-open-in-netherlands-tout-education-through-ipad”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest