Follow Us

Sebuah Celah Besar Ditemukan Pada iOS 6 dan OS X Mountain Lion

Hendra Saputra - Kamis, 29 Agustus 2013 | 23:25
Sebuah Celah Besar Ditemukan Pada iOS 6 dan OS X Mountain Lion

Seperti yang selalu kami ingatkan, iOS dan OS X tidaklah anti sama sekali dari gangguan eksternal seperti virus, malware, atau hal-hal mengganggu lainnya. Layaknya semua produk buatan manusia mereka sama seperti kreatornya, tidak yang sempurna.

Hal itulah yang digambarkan Habrahabr.ru, sebuah situs asal Rusia. Mereka menemukan bahwa ternyata iOS dan OS X tidaklah rentan dari gangguan eksternal tersebut.

Dalam situsnya (via BGR), mereka mempublikasikan bagaimana sebuah barisan kode, yang apabila dituliskan atau dicantumkan pada sebuah aplikasi, cukup membuat aplikasi tersebut mengalami crash (keluar sendiri).

Mereka juga mengatakan bahwa dengan mengirimkan sebuah sms atau iMessage berisi kode tersebut ke iPhone, iPad, iPod touch, dan Mac, bisa menyebabkan Messages app crash terus menerus hingga akhirnya tidak dapat diakses.

Hal ini menurut mereka, terjadi karena bersemayamnya sebuah bug berbahaya di CoreText font rendering framework di iOS dan OS X.

Tidak hanya aplikasi saja, Safari dan WiFi juga akan mengalami gangguan serupa jika kamu aplikasikan barisan kode tersebut.

Meski begitu, bug ini ternyata tidak terdapat di iOS 7 beta dan OS X Mavericks. Hal ini tentu saja bisa membuat kamu, pembaca MakeMac yang menggunakan iOS 7 beta dan OS X Mavericks, bernapas lega.

Apple sendiri mengungkapkan bahwa mereka telah mengetahui perihal bug ini, dan tengah berupaya memecahkan masalahnya dalam 6 bulan terakhir. Tapi hingga sekarang belum ada informasi apapun terkai penyelesaian masalah ini.

Seperti yang sudah saya singgung di awal paragraf, sebelumnya OS X 10.8.2 juga pernah mengalami hal demikian. Apple sendiri memperbaiki bug tersebut, bersamaan dengan rilisnya OS X 10.8.3 beberapa bulan lampau.

[source site_name = “via BGR” site_url = “http://bgr.com/2013/08/29/iphone-vulnerability-coretext-webkit/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest