Follow Us

(Mini Review) Sekilas Tentang BBM for iOS

Hendra Saputra - Rabu, 25 September 2013 | 19:31
(Mini Review) Sekilas Tentang BBM for iOS

Hari Sabtu kemarin, BBM for iOS hadir di App Store sebelum akhirnya ditarik kembali oleh BlackBerry, akibat gangguan sistem karena akses awal pengguna Android.

Mungkin kurang tepat jika kami mengulas aplikasi yang sedang “ditunda” ini, namun berangkat dari minat dan keingintahuan pembaca yang cukup masif soal BBM, kami akan informasikan ulasan singkat mengenai aplikasi ini.

Pertama kali melihatnya saya tidak menemukan sama sekali perbedaan antara BBM for iOS dengan BBM di BB10. Sistem navigasi dan segala macamnya benar-benar identik dengan versi aslinya. Hanya keyboard saja yang saya melihat mengambil elemen dari iOS – belum mendukung iOS 7.

Dari performa aplikasi, di iPhone 4, saya merasakan laggy yang cukup mengganggu dari BBM, proses berpindah chat dari satu orang ke orang lain juga terasa lama sekali. Tapi mengakses left sidebar dan right sidebar – tap icon yang ada di bagian kiri bawah dan kanan bawah – berjalan lancar.

Saya sudah menggunakan aplikasi ini untuk bercengkrama dengan list contact di BBM saya – hanya ada 3 orang, di mana dua orang menggunakan iPhone dan satu orang lainnya menggunakan perangkat BlackBerry.

Secara keseluruhan proses chatting tidak ada masalah. Berkirim pesan berjalan lancar hanya saja, notifikasi yang muncul masih agak kacau. Di saat saya mencoba menyeranta Kuswanto lewat BBM, status pesan tertera berlambang centrang. Hingga Kuswanto akhirnya mengirimkan balasan kepada saya, status tersebut masih belum berubah. Kuswanto sendiri menuturkan bahwa notifikasi pesan saya muncul di perangkatnya, tapi ketika di akses, pesan saya tidak muncul di BBM.

Chatting dengan kakak saya yang notabenenya pengguna BlackBerry juga tidak ada problem, hanya proses invitasi saja yang berlangsung agak lama. Kakak saya sudah mengirimkan invitasi sejak hari Senin yang lalu, namun, saya baru menemukan invitasinya hari ini. Tidak ada notifikasi yang menyatakan jika dia dia mengirimkan invitasi kepada saya.

Hal-hal tersebut perlu diperhatikan BlackBerry ketika mereka nantinya sudah siap mengembalikan BBM ke App Store. Performa aplikasi dan kelembutan proses juga perlu ditingkatkan. Tampilan BBM di iPhone 4 saya sendiri juga terasa kurang sempurna, khususnya pada bagian chat bubble.

Beberapa anggota Forum MakeMac sendiri juga memberikan gangguan lainnya yang terjadi di BBM for iOS.

Baca juga: Cara Install BBM di iPad dan iPod touch

Seperti yang diungkapkan oleh Hermanarya, timestamps di BBM for iOS tidak tepat. Ia menghadirkan screenshot kesalahan tersebut yang sekaligus, menunjukkan chat bubble BBM for iOS yang bergerigi.

Dengan waktu rilis yang cukup lama, harusnya hal seperti ini bisa diatasi sebelum di lepas ke khalayak ramai…

Editor : Hendra Saputra

Latest