Follow Us

Ini Alasan Kenapa Musisi Yang Bermain di iTunes Festival Tidak Dibayar

Hendra Saputra - Kamis, 03 Oktober 2013 | 12:25
Ini Alasan Kenapa Musisi Yang Bermain di iTunes Festival Tidak Dibayar

iTunes Festival adalah acara musik tahunan Apple di mana para penonton yang hadir, tidak dikenakan biaya sama sekali. Musisi-musisi yang mengisi acara juga tidak menerima pembayaran apapun dari Apple, menjadikan iTunes Festival, acara yang benar-benar gratis dari para pemain musik untuk para pecinta musik.

Alasan di balik gratisnya iTunes Festival sendiri dikuak oleh sang senior vice president of internet software and services di Apple, Eddy Cue, dalam wawancara eksklusif dengan Entertainment Weekly. Selain itu, Eddy Cue juga sedikit membahas soal iTunes Radio.

Cue berujar bahwa dengan bermain di iTunes Festival, musisi-musisi ternama macam Lady Gaga, Justin Timberlake, Katy Perry, Kings of Leon, Elton John dan lainnya, mendapat kesempatan supaya bisa lebih dekat dengan para penggemarnya. Acara ini juga seakan ingin mengembalikan musisi-musisi tersebut ke masa ketika mereka bermain di tempat-tempat yang berkapasitas rendah.

Berikut penuturan Eddy Cue:

The artists come in, and they’re not getting paid. They’re here because they know that this is an opportunity for them to play for these fans and in many cases kind of go back to when they were starting out in a smaller venue, get really close and personal. You’ve got this venue that is truly historic and holds 2,500 people, so you’re gonna see these artists that always play in much larger arenas. [Plus] it’s all kinds of music. On one end, you’ve got Lady Gaga and on the other end you’ve got Ludovico, the Italian pianist.

Sang svp tidak menampik bahwa dengan hadir di iTunes Festival, penjualan album dari musisi terkait akan mengalami peningkatan yang signifikan. Namun menurutnya, hal itu bukanlah hal utama yang dicari sang musisi. Kedekatan dengan fans adalah hal utamanya.

Lihat juga: Apple Merilis Momen iTunes Festival 2013 Lewat Sebuah Video

Terkait iTunes Radio, Cue berujar bahwa layanan tersebut adalah tempat yang lebih tepat daripada iTunes Store, buat pengguna menemukan musik-musik terbaru.

I think when you go to a store and you go to the Justin Timberlake page and stream it from there, that’s great but that means you went to the store. iTunes Radio lets you discover it without you having to think about it.

Apple memulai iTunes Festival sejak tanggal 1 September 2013 silam dengan Lady Gaga sebagai artis pertama yang bermain. Penutupan acara itu sendiri sudah dilakukan dengan sangat apik oleh Katy Perry.

[source site_name = “Entertainment Weekly” site_url = “http://music-mix.ew.com/2013/09/30/itunes-festival-eddy-cue-interview/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest