Follow Us

Melongok ke Dalam Isi Perut iPhone 5s (Touch ID, Ram 1 GB, Dual Core)

Hendra Saputra - Senin, 07 Oktober 2013 | 22:49
Melongok ke Dalam Isi Perut iPhone 5s (Touch ID, Ram 1 GB, Dual Core)

iFixit sudah membongkar iPhone 5s sejak pertama kali ia tersedia di pasaran. Dan dari hasil pengujiannya tersebut, bisa diketahui beberapa hal menarik, sebelum kamu membeli iPhone 5s.

Awal pembongkaran, iFixit menuturkan bahwa ada sebuah kabel yang sangat sensitif, yang menghubungkan Touch ID iPhone 5s di areal home button dengan konektor Lightning. Dituturkan oleh iFixit, kabel ini bisa saja rusak atau putus jika tidak ditangani dengan hati-hati.

This adds a small element of danger to disassembly, as pulling too hard on the suction cup could cause accidental damage to the cable.

Kemudian juga diketahui bahwa Apple memperbesar kapasitas baterai iPhone 5s menjadi 1560 mAh (3.8V – 5.92Wh). Sebagai perbandingan, Apple menyematkan baterai berkapasitas 1440 mAh ke dalam iPhone 5. Dengan baterai ini, Apple mampu menghadirkan daya tahan baterai selama 10 jam penuh untuk iPhone 5s.

Saat proses pembongkaran sampai di areal logic board, iFixit terkejut karena ternyata, mereka tidak menemukan adanya chip Apple M7 – chip yang mampu mendeteksi gerakan pengguna – di sana. Dari kenyataan ini, iFixit menyimpulkan bahwa M dari M7 mungkin saja dikonotasikan sebagai Magic, karena chip tersebut tidak tersedia di logic board. Mereka melanjutkan bahwa ada kemungkinan M7 bersemayam di dalam Apple A7.

Also of note was the striking lack of a discrete M7 co-processor. Perhaps the “M” stands for “magical,” because it’s not there, folks. The mythical M7 is most likely a combination of motion-oriented components, and not an actual dedicated chip (as Apple implied during last week’s product announcement). Chock it up to savvy marketing.

Update: Apple M7 ditemukan oleh iFixit, dengan bantuan dari Chipworks.

From Chipworks: “The M7 is dedicated to processing and translating the inputs provided to it by the discrete sensors; the gyroscope, accelerometer and electro magnetic compass mounted throughout the main printed circuit board. Traditional Apple techniques lead us to believe that the these discrete sensors will most likely be STMicroelectronics for the accelerometer and the gyroscope while the electro magnetic compass would again be an Asahi Kasei Microdevices (AKM). We have since confirmed the compass to be AKM’s AK8963.”

Dari luar iPhone 5s nampak sama dengan iPhone 5, tapi tidak untuk bagian dalamnya, Apple menghadirkan hal-hal baru yang membuat iPhone 5s menjadi momok menakutkan bagi para kompetitor di levelnya.

Pembongkaran ini sendiri membawa iFixit ke dalam satu kesimpulan berupa nilai. Situs tersebut memberikan angka 6 dari 10, untuk nilai kemudahan perbaikan dan pembongkaran iPhone 5s (10 paling mudah – 1 paling sulit).

Lihat iPhone 5s lebih dalam dengan mengakses situs iFixit, atau akses laman khusus iPhone 5s MakeMac berikut ini.

Ohh iya, ada satu hal lagi. Terdapatnya kode F8164A1PD pada Apple A7 APL0698 SoC, mengindikasikan penggunaan RAM 1 GB di iPhone 5s dan dua inti prosesor (dual-core) saja.

[source site_name = “iFixit” site_url = “http://www.ifixit.com/Teardown/iPhone+5s+Teardown/17383/1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest