Follow Us

Apple: Kami Tidak Bisa Membaca iMessage Para Pengguna

Hendra Saputra - Senin, 21 Oktober 2013 | 17:17
Apple: Kami Tidak Bisa Membaca iMessage Para Pengguna

Apple, melalui salah seorang representasinya mengungkapkan, bahwa mereka tidak bisa dan tidak pernah mau membuka, bahkan membocorkan isi pesan dari para penggunanya dengan iMessage. Hal ini merupakan konfirmasi instan Apple pasca tudingan QuarksLab mengenai keamanan iMessage merekabk.

Disampaikan kepada AllThingsD, Trudy Miller sang representasi juga menuturkan bahwa iMessage dirancang secara khusus supaya Apple tidak bisa melihat pesan tersebut.

“iMessage is not architected to allow Apple to read messages. The research discussed theoretical vulnerabilities that would require Apple to re-engineer the iMessage system to exploit it, and Apple has no plans or intentions to do so.”

Bagi kamu yang belum tahu, QuarksLab menuding bahwa Apple mampu membocorkan pesan iMessage kepada pemerintah Amerika Serikat yang dikirimkan para penggunanya jika diminta. Konseptual dari pembocoran itu sendiri disampaikan dengan sangat rinci di dalam situs QuarksLab, namun garis besarnya seperti ini: Ada orang di tengah-tengah proses berkirim pesanmu lewat iMessage, yang bisa membaca dan mengetahui apa yang kamu kirimkan kepada lawan bicaramu.

“What we are not saying: Apple reads your iMessages. What we are saying: Apple can read your iMessages if they choose to, or if they are required to do so by a government order.” – QuarksLab

Entahlah, kabar campur tangan NSA di dalam tubuh Apple merupakan berita yang sudah berkembang sejak lama. Apple dan perusahaan-perusahaan lain yang dituding terlibat dengan badan tersebut sudah menolak mentah-mentah mengenai keterlibatan mereka, tapi bocoran-bocoran dan kabar-kabar mentah terus berdatangan dan seakan mempertebal keikutsertaan mereka ke dalam NSA.

Hanya ada 2 kesimpulan yang mungkin ingin saya sampaikan terkait hal ini; Yang pertama, potensi terkait hal-hal macam ini pasti ada jika kamu sudah memutuskan buat terlibat ke dalam dunia internet. Jika kamu ingin memastikan agar pesanmu tidak terbaca, lebih baik minta burung merpati buat mengirim pesanmu, karena dapat saya pastikan burung merpati tidak akan bisa membaca pesanmu.

Baca juga: Klarifikasi Apple Terkait Keterlibatannya Dalam Konspirasi Data Pengguna

Yang kedua, masih ingat dengan artikel Enkripsi iMessages Tidak Bisa Ditembus Intelejen Amerika bulan April silam? Ya mereka memang tidak bisa menembus enkripsi iMessages karena jika publikasi QuarksLab benar, kunci dekripsinya dipegang oleh Apple. Apakah kamu menangkap apa yang saya maksud?

Tidak ada yang privat jika sudah berhubungan dengan internet, Siri saja bahkan menolak memberikan kita privasi – coba katakan kepada Siri “Give me privacy.” Apakah kamu memiliki pendapat lain mengenai hal ini? Silahkan berikan di kolom komentar.

[source site_name = “AllThingsD” site_url = “http://allthingsd.com/20131018/apple-no-we-cant-read-your-imessages/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest