Follow Us

Aturan Baru FAA: Boleh Menggunakan iPhone di Dalam Pesawat

Hendra Saputra - Jumat, 01 November 2013 | 18:40
Aturan Baru FAA: Boleh Menggunakan iPhone di Dalam Pesawat

Federal Aviation Administration (FAA) telah mengumumkan sedikit kelonggaran, buat peraturan penggunaan ponsel di dalam pesawat.

Kelonggaran ini sendiri secara keseluruhan, memperbolehkan para penumpang untuk mengaktifkan perangkatnya di dalam pesawat, selama ponsel tersebut di set ke mode pesawat atau airplane mode. Tidak sulit untuk mengaktifkan airplane mode di iPhone, caranya kami berikan di bagian bawah artikel.

Dan berikut ini 10 hal yang diungkapkan FAA terkait peraturan baru tersebut:

  1. Jadikan keselamatan sebagai prioritas utama
  2. Efek perubahan ketentuan penggunaan PED (Portable Electronic Devices) mungkin ini tidak langsung diterapkan secara serempak oleh ragam maskapai yang ada. Tanyakan informasi lebih lanjut pada masing-masing maskapai yang bersangkutan terkait aturan ini.
  3. Aturan PED yang sekarang tetap berlaku hingga sebuah maskapai penerbangan menyelesaikan safety assessment, mendapat persetujuan FAA dan baru melakukan perubahan terhadap aturan PED mereka.
  4. Tidak diperkenankan melakukan panggilan suara dengan ponsel di pesawat.
  5. Di dalam pesawat, perangkat harus menggunakan airplane mode atau menon-aktifkan koneksi selular. Diperbolehkan menggunakan WiFi jika pesawat yang ditumpangi mendukung koneksi tersebut dan maskapai bersangkutan mengijinkan. Boleh menggunakan koneksi bluetooth jarak rendah (wireless keyboard).
  6. Muat perangkat yang bersifat berat di bawah kursi atau di kabin saat lepas landas maupun mendarat. Benda-benda tersebut bisa menghalangi proses evakuasi di pesawat dan berpotensi melukai diri sendiri serta orang lain, ketika terjadi turbulensi atau bencana lainnya.
  7. Saat peragaan keselamatan, letakkan seluruh perangkat elektronik, buku dan koran, dan perhatikan instruktor dengan seksama.
  8. Tidak butuh waktu lama untuk menyimpan barang menurut instruksi awak pesawat.
  9. Dalam kondisi sempit jarak pandang, beberapa sistem pendaratan mungkin tidak mentolerir penggunaan PED, jadi perangkat akan diminta untuk dinon-aktifkan.
  10. Selalu patuhi perintah awak pesawat dan non-aktifkan perangkat jika diminta.
Nah, ini tentunya merupakan kabar baik buat kamu yang sering berpergian dengan pesawat. Bagi para pengguna iPhone atau iPad (dengan seluler) tidak sulit untuk mengaktifkan airplane mode. Ada 2 cara yang bisa kamu tempuh, dan berikut-berikut ini caranya:

Lewat Setting App

  1. Akses Setting app
  2. Geser knop di AirPlane Mode untuk mengaktifkannya

Lewat Control Center

  1. Swipe bagian bawah layar untu menampilkan Control Center
  2. Tap pada icon bergambar pesawat
Baca juga: Mengenal Fungsi dan Kegunaan Control Center di iOS 7

Semudah itu saja mengkatifkan AirPlane Mode di iPhone maupun iPad. Dan dengan peraturan FAA yang baru ini, aktivitasmu dengan perangkat iOS tidak akan terganggu.

[source site_name = “Federal Aviation Administration” site_url = “http://www.faa.gov/news/press_releases/news_story.cfm?newsId=15254&cid=TW189”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest