Follow Us

Mavericks Mendeteksi Cahaya Sebagai Gerakkan dan Mencegah Mac Tertidur

Hendra Saputra - Jumat, 01 November 2013 | 23:47
Mavericks Mendeteksi Cahaya Sebagai Gerakkan dan Mencegah Mac Tertidur

Dengan OS X Mavericks, Apple merubah fungsi sensor cahaya yang ada di kebanyakan Mac jadi detektor yang pintar.

Baca juga: OS X 10.9 Mavericks Sudah Bisa Diunduh Sekarang Juga! GRATIS!

Berdasarkan uji coba yang dilakukan The Verge, sensor cahaya ini terbukti mampu mendeteksi tingkat cahaya di sekitarnya sebagai sebuah gerakkan, yang secara otomatis langsung mencegah Mac masuk ke dalam mode tidur (sleep).

Berikut kutipannya dari The Verge:

Sensor cahaya di Mac sebelumnya digunakan buat mengatur level pencahayaan sesuai dengan kondisi penerangan di lingkungan sekitar. Namun di OS X Mavericks ia punya tujuan berbeda. Sensor cahaya berfungsi mendeteksi tingkat perubahan cahaya di sekitar sebagai sebuah gerakkan, sekaligus mengembalikan waktu siaga ke awal. Kami konfirmasi keberadaan fitur ini seusai menguji 2 Mac berbeda yang sudah terpasang OS X Mavericks: pasca menutup kamera Mac, bukan sensor cahayanya, kami berhasil menunda Mac tertidur dengan mengubah kondisi penerangan di sekitar.

Fitur ini sudah diketahui keberadaannya oleh Moschen Chen dari Radiantlabs dan kamera, adalah komponen yang digadang-gadang memiliki peran penting buat keberalngsungan fitur tersebut. Namun muncul sebuah keraguan dan pertanyaan yang berhubungan dengan masalah keamanan di OS X Mavericks – kamera perlu tetap hidup buat bisa mendeteksi cahaya dan itu tidak bagus untuk privasi pengguna.

Baca juga: OS X Mavericks Berpotensi Hilangkan Data di Hard Disk Western Digital

Namun lewat konfirmasi ini sepertinya kita tidak perlu lagi khawatir. Bukan kamera yang menguntit kita setiap saat, tapi sensor cahaya yang tersedia di Mac.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest