Follow Us

Romansa Apple dan Material Safir Buat iPhone dan Lainnya, Mungkinkah?

Hendra Saputra - Jumat, 08 November 2013 | 12:51
Romansa Apple dan Material Safir Buat iPhone dan Lainnya, Mungkinkah?

Mungkinkah Apple membalut seluruh tubuh iPhone atau mungkin juga iPad dan produk-produk lainnya dengan safir? Jawabannya, mungkin saja. Baru-baru ini, Apple resmi bekerjasama dengan GT Advanced Technology terkait produk material safir. Menurut berita yang kami kutip dari AllThingsD, Apple diketahui telah membayar sejumlah uang dimuka kepada GT terkait kerjasama ini.

GT sendiri mengumumkan laporan keuangan dan penjualan mereka pada hari Senin lalu. Dari pengumuman tersebut, diketahui bahwa bisnis safir GT ternyata meraup keuntungan sebesar $28.9 juta, atau mewakili 11% dari total keseluruhan pendapatan mereka.

Hingga kemungkinan perihal penggunaan safir sebagai material utama iPhone dan produk Apple lainnya mencuat lewat hal yang mereka lakukan berikut ini.

Perusahan tersebut mengestimasikan pendapatan sebesar $600 juta hingga $800 juta, di mana pendapatan dari bisnis safir mereka, mewakili 80% dari total pendapatan tersebut. Ini berarti, mereka mengestimasikan kenaikan 15x sampai 16x lipat di tahun 2014 mendatang. 15x hingga 16x dalam waktu satu tahun, apakah masuk akal?

Masuk akal jika Apple tengah merencanakan sesuatu dengan safir. Tidak sekedar implementasi material tersebut di kamera ataupun Touch ID sensor, tapi untuk bagian-bagian lainnya di iPhone, ataupun produk-produk Apple lainnya.

Beragam kemungkinan muncul; mulai dari implementasi safir di layar iPhone atau iPad, hingga yang paling ekstrim, implementasi safir di seluruh bagian tubuh perangkat.

Safir sendiri memiliki sifat tahan gores yang sangat kuat, membuatnya jadi kandidat material yang tepat untuk diimplementasikan di lini produk masa depan Apple. Sebut saja iPhone 6, iPad 6, iPad Mini 3, dan mungkin iWatch dan iTV.

Meski tahan gores, harus ada sifat-sifat lainnya yang harus dikorbankan Apple jika mereka berupaya mengimplementasikan safir buat perangkat iOS, salah satunya adalah bobot perangkat yang akan jadi lebih berat ketimbang alumunium.

Baca: Review iPhone 5s MakeMac

Kita lihat saja, apakah indikasi ini benar-benar membawa kita pada sebuah kenyataan bahwa safir akan jadi material berikutnya yang akan diutamakan Apple atau tidak. Secara pribadi, saya menginginkan iWatch dengan bahan safir karena saya rasa, safir akan membuat sifat premium dari perangkat tersebut semakin tinggi. Bukankah sebuah jam tangan harusnya bisa menampilkan kesan yang eksklusif sekaligus artistik?

[source site_name = “AllThingsD” site_url = “http://allthingsd.com/20131107/why-apples-new-sapphire-deal-is-a-big-deal/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest