Follow Us

Apple Menghabiskan 120 Triliun Rupiah Untuk Robot dan Laser

Hendra Saputra - Kamis, 14 November 2013 | 15:42
Apple Menghabiskan 120 Triliun Rupiah Untuk Robot dan Laser

Apple ternyata menghabiskan lebih dari 10 milyar dollar – atau setara dengan lebih dari 120 triliun rupiah – untuk membeli mesin laser dan juga robot, buat menjalankan proses manufaktur produk-produk mereka.

Dikabarkan oleh Bloomberg menurut sumbernya, beberapa dari mesin tersebut digunakan buat mengukir bahan alumunium MacBook dengan laser, menghaluskan backcase plastik iPhone 5c, hingga menguji kelancaran performa kamera iPhone dan iPad.

Apple is spending more on the machines that do the behind-the-scenes work of mass producing iPhones, iPads and other gadgets.

Terkait hal ini, Muthuraman Ramasamy, seorang analis dari Frost & Sullivan bertutur bahwa proses produksi Apple sangat canggih, dan buat mencapai hal yang seperti itu, perusahaan lain perlu mengadopsi proses manufaktur yang sangat unik buat mencapainya. Lebih lanjut, ia mengatakan Apple menggunakan proses manufaktur yang biasa digunakan di sektor penerbangan luar angkasa dan juga pertahanan.

“Their designs are so unique that you have to have a very unique manufacturing process to make it,” said Muthuraman Ramasamy, an analyst with consulting firm Frost & Sullivan, who has studied the use of the machinery. “Apple has so much cash that they can invest in cutting-edge, world-class machinery that is typically used for aerospace and defense.”

Cormac Eubanks, product development di Frog Design juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya proses manufaktur Apple sangat unik, beda dengan perusahaan lain yang biasanya membuat model produk lalu mengirimkannya ke Cina untuk segera dikerjakan.

“Most companies will hire a design firm to create a rendering of a product, throw it over the wall to China and then it’s the Chinese engineers who do the detailed engineering work,” said Cormac Eubanks, product development director at industrial design firm Frog Design. “What Apple does is hard and it takes a lot of time and money.”

Jony Ive sendiri disebut-sebut telah membuat mesin manufaktur dan perlengkapan uji cobanya sendiri, guna mengembangkan cara yang inovatif buat memanufaktur produk Apple sekaligus, membuktikan kalau ide yang mereka miliki itu bisa diwujudkan di kehidupan nyata.

Mencapai kesempurnaan dengan proses kerja yang kreatif. Kamu mungkin penasaran bagaimana robot-robot atau mesin-mesin tersebut bekerja buat memproduksi sebuah perangkat Apple bukan? Akses artikel Lihat Proses Perakitan Mac Pro 2013 Lewat Video Berikut Ini dan lihatlah videonya. Dari video di artikel tersebut kamu akan dapat gambaran bagaimana mesin-mesin tersebut bekerja.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/2013-11-13/apple-s-10-5b-on-robots-to-lasers-shores-up-supply-chain.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest