Follow Us

Review Oceanhorn: Game Aksi RPG Terbaik Untuk iOS

Kuswanto - Selasa, 19 November 2013 | 09:33
Review Oceanhorn: Game Aksi RPG Terbaik Untuk iOS

Game-game di iOS kebanyakan berupa game yang diperuntukan bagi pemain kasual, tidak banyak game yang diperuntukan bagi gamer hardcore. Salah satu game yang termasuk hardcore terbaru adalah Oceanhorn. Oceanhorn merupakan game aksi RPG (Role Playing Game) yang mempunyai rumus permainan mirip dengan Zelda buatan Nintendo. Tapi bukan berarti Oceanhorn merupakan jiplakan Zelda dan dibanding-bandingkan dengannya. Oceanhorn masih mempunyai jiwa game indie yang berkualitas. Permainannya dapat membuatmu tetap memainkannya selama berjam-jam dan akan membuatmu penasaran tidak bisa tidur.

Dari segi grafik Oceanhorn merupakan game iOS yang didesain dengan sangat rapih. Gaya desain karakter yang memukau dan unik didukung oleh desain background yang sangat sesuai. Monster-monster di Oceanhorn sedikit mirip dengan game RPG lainnya, tapi masih mempunyai desain yang selaras dengan gamenya.

Antarmuka Oceanhorn ditampilkan dengan cara yang unik terutama pada layar seting yang bisa diakses dengan menekan peta. Layar seting berisi semuanya, mulai dari opsi game, catatan percakapan dan barang-barang.

Tombol dilayar hanya ditampilkan sedikit, kamu hanya akan melihat tombol Pedang dan senjata kedua yang bisa digonta-ganti. Tombol gerakan bisa kamu munculkan dibagian seting apabila membutuhkan tanda visual, ketika tidak ada tombol tersebut seringkali jari saya tidak terasa keluar dari layar, bikin frustasi apabila sedang terdesak. Satu-satunya yang agak sulit adalah ketika harus mengeluarkan sihir. Terlalu banyak langkah yang harus ditempuh untuk mengeluarkan sihir, jadi terasa tidak realtime, karena ketika menekan tombol Items permainan akan membeku sampai keluar dari layar items.

Yang paling menonjol dari Oceanhorn adalah kualitas musiknya yang patut diacungi 2 sampai 4 jempol! Musik yang didengarkan mengentalkan atmosfir permainan. Ketika melawan boss, musik perang diputar yang akan menambah ketegangan. Musik untuk Oceanhorn dibuat oleh dua orang legendaris dalam industri game. Yaitu, Nobuo Uematsu, komposer musik dari seri-seri Final Fantasy. Yang kedua adalah Kenji Ito, komposer dari game seri Mana dan Saga, salah satu seri game aksi RPG yang saya sukai. Melihat dari dua nama hebat tersebut, musiknya sendiri bisa menjadi satu alasan kuat untuk mencoba game ini.

Seperti halnya game RPG aksi lainnya, Oceanhorn dipenuhi dengan teka-teki dan tugas yang harus kamu tuntaskan untuk melanjutkan cerita. Tugas yang diberikan termasuk sangat sedikit dari yang dikira. Tugas karakter utama hanya mencari pulau-pulau yang tersebar, menemukan pulau tersebut tidaklah sulit yang perlu dilakukan hanya mencari petunjuk dari NPC atau benda-benda yang ditemukan tersebar didunia Oceanhorn. Kembali lagi ke teka-teki, memecahkannya tidak perlu jadi seorang jenius. Teka-teka yang disuguhkan mempunyai mekanisme dan sistem yang sama untuk diseluruh dunia. Hal ini menjadi salah satu kekurangannya, setelah lebih dari 7 jam memainkannya, teka-tekinya terasa mulai membosankan. Tugas sampingan bisa dibilang absen dari Oceanhorn, satu-satunya tugas sampingan adalah mengumpulkan batu merah yang bisa kamu temukan untuk ditukarkan dengan benda yang sangat berguna.

Kontrol Oceanhorn merupakan salah satu kontrol game terbaik yang pernah saya mainkan. Area sentuh tombol Serang cukup luas bahkan karakternya masih menerima perintah serang apabila kamu menyentuh diluar tombol Serang. Kamu akan merasakan beban ketika menggerakan karakter, apalagi ketika karakter naik-turun tangga, gerak karakter akan menjadi tambah berat. Efek umpan balik seperti itulah yang membuat kontrolnya merupakan salah satu yang terbaik.

Umpanbalik dari setiap efek sabetan sangat terasa dengan animasi menyerang yang luwes. Senjata kedua yang akan didapatkan selama perjalanan terasa sangat intuitif, memanah musuh dari kejauhan sungguh mudah. Awalnya memang agak kesulitan dalam melempar sesuatu, tapi pada awal permainan kamu akan dibiasakan untuk melemparkan kendi-kendi, keahlian melemparkan kendi akan sangat membantumu ketika sudah mendapatkan Bom.

Saatnya mengulas tentang cerita. Cerita Oceanhorn sungguh sederhana, berkisah tentang seorang pemuda yang berpetualang mencari Ayahnya yang meninggalkannya pada suatu malam. Selama perjalanan dia (kamu) akan mempelajari tentang apa yang terjadi dengan dunia tempat tinggalnya dan Ayahnya. Tidak ada putri atau romansa di Oceahorn, murni petualangan kasar yang menurut saya terlalu mulus. Apabila kamu menginginkan jenis cerita yang berpelintir-pelintir, Oceanhorn bukanlah untukmu.

Apabila kamu penikmat game aksi RPG, Oceanhorn patut kamu pertimbangkan karena ia merupakan game aksi RPG terbaik untuk iOS yang bisa kamu dapatkan saat ini. Ditambah lagi Oceanhorn merupakan game universal, artinya kamu hanya perlu mengunduh sekali yang bisa dipakai untuk iPhone atau iPad sekaligus

Download Oceanhorn ™ · Harga: 119000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest