Follow Us

[Video] Inspirasi iOS Merupakan Remix Dari Kehidupan Sehari-hari

Kuswanto - Senin, 16 Desember 2013 | 12:19
[Video] Inspirasi iOS Merupakan Remix Dari Kehidupan Sehari-hari

Ketika pertama kali iPhone diluncurkan OS nya belum diberinama iOS, masih dinamai iPhone OS saja. Seperti yang Steve Jobs katakan pada saat peluncuran perdana iPhone, bahwa perangkat yang akan diperkenalkan akan merubah dunia. Memang terjadi! iPhone OS sangat mudah digunakan karena memakai metafora yang bisa kita temukan dikehidupan sehari-hari, video barikut ini menjelaskan tentang evolusi iOS dari awal sampai akhir.

Klik tautan ini apabila video tidak muncul.

iPhone OS dibuat oleh Apple dengan Scott Frostall sebagai pemimpin tim menggunakan skeuomorphism, yaitu arahan desain yang meniru objek-objek yang sering dijumpai. Hal ini dikarenakan pada saat itu, belum ada perangkat multi touch yang sebaik iPhone, baru ada perangkat touch yang tidak presisi serta membutuhkan stylus untuk memakainya.

Video di atas menggambarkan bagaimana time desain interface Apple meniru mesin tik untuk keyboard, lengkap dengan suaranya. Metafora warna tombol yang dikorelasikan dengan lampu lalu lintas, dan banyak metafora lainnya yang diterapkan ke iOS.

Sekarang para pengguna dibanjiri oleh layar multi sentuh, Apple kembali melakukan hal yang sama dengan iOS 7.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest