Follow Us

Mengapa Kebanyakan Musisi Menggunakan Mac?

Hendra Saputra - Selasa, 17 Desember 2013 | 20:47
Mengapa Kebanyakan Musisi Menggunakan Mac?

Para musisi memilih Mac sebagai senjata mereka dalam bekerja. Hal itulah yang berhasil saya dapat ketika hadir dalam workshop yang diadakan BDS Audio dan SAE Institute terkait home recording. Memang, apa alasannya?

Lewat wawancara singkat saya dengan Yandha Kreshna, seorang studio manager/music production lecturer di SAE Institute, musisi mendambakan performa yang baik dari sebuah mesin serta keamanan yang mumpuni. Dan hal tersebut ia temukan di Mac.

“Mac jauh lebih stabil dan mudah untuk digunakan. Dan yang paling penting, Mac sangat aman. Saya tidak perlu lagi mengalami kejadian plugin software musik saya dibaca sebagai virus, seperti ketika menggunakan Windows. Mac lebih handal untuk proses rekaman.”

SAE adalah sebuah institut audio, film dan animasi di Jakarta dengan jumlah murid lebih dari 100 orang. Di dalamnya, Mac adalah platform yang sangat diandalkan.

Baca juga: Cara Membuat Video di Mac Dengan Teknik Speech Composing Oleh Eka Gustiwana

Kreshna sendiri melanjutkan bahwa di tempatnya mengajar, penggunaan Mac memang sangat dianjurkan. Ia bahkan memberitahu sedikit dari aplikasi-aplikasi yang biasa ia, koleganya serta murid-muridnya gunakan untuk beraktivitas.

“Kami berkomunikasi menggunakan Messages, mengolah video dengan Final Cut Pro, audio dengan Pro Tools, dan juga beragam app lainnya yang memang hanya bisa berjalan dengan lancar di Mac.”

Hal serupa juga disampaikan Brian Loop dari BDS Audio, distributor produk Avid (Fast Track Solo, Fast Track Duo) dan juga Pro Tools di Indonesia. Menurutnya, proses rekaman di platform Mac jauh lebih relevan karena stabilitas serta kompatibilitasnya.

"Proses rekaman di Mac jauh lebih stabil dan nyaman, dalam arti, saya tidak perlu memikirkan soal virus dan malware seperti ketika menggunakan sistem operasi terdahulu. Tools yang saya gunakan untuk recording sendiri berjalan lebih handal di Mac.

BDS Audio dan SAE Institute kemarin mengadakan workshop terkait rekaman di rumah sendiri. Dalam acara tersebut, mereka membahas banyak terkait tools-tools yang digunakan untuk home recording, hingga tata letak yang baik untuk membuat sebuah ruang akustik.

Penggunaan produk Apple untuk produksi audio maupun film sendiri sudah biasa dilakukan. Tidak hanya Mac, tapi bahkan dengan sebuah iPhone 5. Beberapa waktu yang lalu kami pernah mengulas tentang video klip baru Rio Febrian yang dibuat menggunakan iPhone 5 saja – dari awal hingga akhir proses pembuatan.

Baca lebih lanjut informasinya di artikel Video Klip Terbaru Rio Febrian Dibuat Menggunakan iPhone 5.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest