Follow Us

Review OpenEmu: Emulator Konsol Klasik Dengan Moderenisasi Ala OS X

Kuswanto - Jumat, 27 Desember 2013 | 15:27
Review OpenEmu: Emulator Konsol Klasik Dengan Moderenisasi Ala OS X

Game dari konsol klasik bisa dimainkan di Mac dengan berbagai macam emulator yang tersedia untuk OS X. Tapi, sebagian besar emulator tersebut tidak mudah digunakan atau mempunyai antar muka seadanya. Disinilah OpenEmu membuat dunia emulator konsol klasik menjadi modern, dengan antar muka dan penglaman yang sangat OS X.

Tidak semua konsol klasik didukung oleh OpenEmu. Jangan berharap bisa memainkan game PlayStation 1, karena OpenEmu belum mendukungnya. PlayStation generasi pertama termasuk ke dalam daftar konsol yang akan didukung berikut dengan konsol lainnya seperti Atari, Nintendo64 atau PSP. Konsol tersebut bakal tersedia di rilis selanjutnya.

Menggunakan OpenEmu seperti mempunyai lemari yang dipenuhi dengan game. Pengguna tinggal memasukan file ROM ke dalam jendela OpenEmu yang akan otomatis ditempatkan ke konsol yang sesuai. Setiap dapat diterapkan gambar gambar sampul dengan cara yang sama, yaitu tinggal drag-n-drop gambar sampul ke atas gamenya. Seperti halnya aplikasi standar OS X, kamu bisa memberikan rating akan suatu game. Mengelompokan game-game ke dalam Collections, misalnya kumpulan game Mario, RPG atau Action berupa Smart Folder.

OpenEmu mendukung banyak kontroler yang kompatibel dengan OS X. Saya sendiri memainkan game OpenEmu menggunakan kontroler PlayStation 3 yang tinggal colok langsung terdeteksi oleh OpenEmu. Silakan simak halaman kontroler yang didukung untuk mengetahui apakah kontroler yang kamu punya didukung atau tidak. Bagi yang tidak mempunya kontroler, tapi mempunyai iPhone. OpenEmu mendukung apliasi JoyPad Legacy, dengannya iPhone kamu bisa menjadi kontroller yang kompatibel dengan OpenEmu.

Game yang dijalankan di game OpenEmu termasuk sangat stabil. Fitur yang ditampilkan sudah sangat diminimalisir, hanya fitur yang paling penting saja yang bisa di atur oleh pengguna. Pengguna hanya bisa mengatur ukuran layar, 1x atau 2x, dan mengatur algoratima anti alias – proses-proses penghalusan gambar game supaya terlihat lebih baik di layar komputer yang resolusinya lebih besar.

Secara keseluruhan OpenEmu sudah matang. Ada beberapa pengalaman yang kurang enak. Seperti tidak adanya pilihan menyimpan permainan otomatis atau tidak ketika mematikan konsol, begitu juga dengan menyalakannya. Proses autosave tersebut menghalangi pengguna menjalankan game dari awal. Selain itu, terdapat bug dan desain menu Save yang membuat bingung. OpenEmu gagal mendeteksi ada 6 save yang saya punya, dia hanya menampilkan 4 save. Desain menu Save juga membingungkan, apakah dengan menekan hasil save-an sebelumnya akan menyimpan atau memuat permainan? Jawabannya, memuat permainan. Hal ini bisa membuat frustasi apabila kamu memainkan game RPG dan melakukan salah kira atau klik.

OpenEmu merupakan angin segar bagi para pengguna Mac yang senang memainkan game klasik. Pengalaman menggunakannya sungguh terasa sangat nge-Mac dengan segala eyecandy antarmuka yang memanjakan mata.

Saatnya membawa MacBook saat liburan panjang sambil memainkan game klasik di OpenEmu!

Download OpenEmu – Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest