Follow Us

Review Coast by Opera: Browser Revolusioner Buat iPad

Hendra Saputra - Jumat, 03 Januari 2014 | 15:22
Review Coast by Opera: Browser Revolusioner Buat iPad

Seperti yang kita tahu, Opera saat ini tengah gencar mempromosikan browser baru andalan mereka buat iPad yang bernama Coast by Opera. Mereka menyebut bahwa Coast, adalah browser yang revolusioner dan juga berbeda. Benarkah aplikasi ini sesuai dengan yang mereka sebutkan? Atau hanya bahasa marketing belaka? Ayo kita telusuri.

Baca juga: Opera Merilis Coast, Peramban Dengan Konsep Masa Depan

Coast by Opera: Revolusioner atau Sama Saja?

Coast by Opera adalah sebuah browser. Layaknya browser lainnya (Safari, Chrome, Firefox, dll) fungsi dan tujuan utamanya hanya satu; menjadi pintu gerbang bagi pengguna untuk masuk ke dunia maya.

Setelah mencobanya, saya bisa mengatakan bahwa konsep yang diusung Opera di dalam Coast sangatlah berbeda. Ia tidak memiliki toolbar, tombol back – forward, bookmark dan hal-hal lainnya yang biasanya ada di sebuah browser. Dan karena hal tersebut, saya harus beradaptasi dulu dengan konsepnya ini.

Pertama kali masuk ke dalam Coast, kamu akan disodorkan dengan serangkaian speed dial dari situs-situs terpilih. Tap salah satunya untuk masuk. Dan apabila kamu ingin mengakses situs yang lain, tap atau swipe ke bawah saja bar URL yang ada di bagian atas untuk menuliskan alamat yang ingin kamu tuju.

Kamu akan melihat sebuah ikon kecil di bagian bawah sebelah kanan. Fungsinya adalah untuk mengakses menu tab situs-situs apa saja yang saat ini sedang kamu buka. Dan apabila kamu sedang berada di halaman sebuah situs, kamu akan melihat sebuah ikon di bagian bawah tepat di tengah. Fungsinya mirip home button, yakni mengembalikan kamu ke home menu Coast by Opera.

Awalnya memang konsep seperti ini terasa mebingungkan. Tapi setelah menggunakannya dan menelaah lebih lanjut, saya sadar bahwa konsep Coast by Opera sangat-sangat sederhana dan juga menarik. Dari sektor yang ini saya setuju bahwa Coast by Opera adalah sebuah browser yang revolusioner dan juga berbeda.

Fitur-Fitur Andalan

Menjadikan gambar apapun yang kamu temukan di dunia maya sebagai wallpaper di home menu Coast milikmu. Cukup mudah melakukannya รขโ‚ฌโ€ dan Coast menghadirkannya dengan sangat keren saya rasa. Cukup tap dan tahan agak lama pada sebuah gambar hingga rangkaian opsi muncul, lalu Pilih Set as Background. Selain itu, ada pula opsi lainnya yang bakal kamu lihat seperti Open, Copy, Share dan Save Image.

Fitur keamanan yang dihadirkan Opera untuk Coast boleh dibilang mumpuni. Terhitung, ada 2 cara pengamanan yang tersedia di Coast; pemeriksaan keamanan sendiri dan penghalauan situs berbahaya.

Untuk memeriksa tingkat keamanan sebuah situs, di menu tab, swipe ke arah bawah tepat di salah satu halaman yang ada. Dari situ akan muncul informasi singkat mengenai tingkat keamanan situs tersebut. Apabila dirasa informasinya kurang, tap lagi tepat di lingkaran status untuk melihat Safety Report. Safety Report sendiri terdiri dari 3 kategori: enkripsi, reputasi situs dan kepercayaan. Reputasi situs sendiri didasarkan pada data dari Web of Trust (WOT). Terkait penghalauan situs berbahaya, kamu akan diperingatkan sebelum masuk ke dalam situs yang dianggap Coast berbahaya.

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Hendra Saputra

Latest