Follow Us

Benarkah Apple Sudah Kembali ke Jalan Yang Benar?

Hendra Saputra - Rabu, 08 Januari 2014 | 14:36
Benarkah Apple Sudah Kembali ke Jalan Yang Benar?

Kembalinya Apple menggunakan bentuk tombol di iOS 7.1 beta 3 mendapat perhatian khusus. Apple dianggap telah mengambil langkah yang benar dengan menyematkan bentuk tombol di iOS 7.1 beta 3, yang berfungsi membedakan mana tombol yang adalah action button dan mana yang label.

Hal itu sendiri diungkapkan oleh Tim Dunn dalam situsnya Isobar. Berikut penuturannya:

So it’s interesting that iOS 7.1 has rolled back the total commitment to flat with new Button Shapes. These allow users to flick on button outlines, making it clear which screen features are action buttons, and which are just labels.

Bentuk tombol sendiri adalah sebuah outline yang menyelubungi action button. Alih-alih menghadirkannya seperti di iOS 6, Apple malah menghilangkan hal itu di iOS 7 dan maju dengan action button berupa tulisan supaya menambah kesan sederhana iOS 7. Hal itu sendiri biasa kamu lihat sekarang pada action button macam Back, Done, Next, Previous dan lain-lainnya dari sebuah app.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Hal serupa juga bisa kita lihat saat proses panggilan telepon terjadi. Tampilan bentuk tombol di ikon Accept dan Reject kini jadi lebih terpusat. Salah satu pengguna Twitter bernama akun Sentry, membagikan sebuah gambar yang menggambarkan bagaimana proses evolusi bentuk tombol dari ekosistem Telephone app.

Dari hal ini ada satu poin utama yang bisa saya simpulkan untukmu; iOS 7 masih dalam tahap penyempurnaan. Ibaratnya iOS versi pertama, iOS 7 adalah versi pertama yang hadir dengan perubahan desain signifikan. Dengan desain ini tentu saja mereka harus membentuk kembali pengalaman pengguna dengan iOS 7, supaya level kemudahan dan kebergunaannya sama dengan iOS 6 bahkan mungkin lebih tinggi.

Baca juga: Apa Saja Yang Berubah di iOS 7.1 Beta 3?

Besar kemungkinan jika di iOS 8 nanti, kita akan melihat sistem operasi mobile Apple dengan tampilan desain datar yang sudah lebih matang, sehingga mungkin cocok pula disematkan di OS X terbaru.

Apakah kamu juga berpikir demikian? Beritahu kami pendapatmu di kolom komentar.

[source site_name = “Isobar” site_url = “http://usblog.isobar.com/2014/01/06/apple-dials-back-flat-obsession-in-ios-7-1/”][/source]

Gali Informasi Tentang iOS 7 Lebih Dalam di MakeMac


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest