Follow Us

SimCity for Mac Offline: Ketika ‘Tidak Mungkin’ Menjadi ‘Mungkin’

Hendra Saputra - Rabu, 15 Januari 2014 | 13:01
SimCity for Mac Offline: Ketika ‘Tidak Mungkin’ Menjadi ‘Mungkin’

Awalnya EA bersikeras tidak akan merilis versi offline SimCity for Mac atau mungkin yang lebih kita kenal dengan nama SimCity 5 (hadir untuk Mac dan juga Windows). Tapi, belum genap 1 tahun sejak kehadiran game tersebut, EA malah mengumumkan sebuah hal yang berlawanan. Mereka bakal merilis versi offline dari game tersebut.

Yes, Offline is coming as a free download with Update 10 to all SimCity players.

Lewat informasi yang mereka hadirkan di situsnya, pengembangan versi offline ini diketahui sudah mencapai tahap akhir. Dan sebelum merilisnya buat publik, EA akan menghadirkan versi ini lebih dulu buat para penguji (beta tester).

Pengembangan SimCity offline ini sendiri memakan waktu hingga enam setengah bulan lamanya. Mengapa begitu lama? Simon Fox, leader engineer di EA sudah menghadirkan jawabannya. Jawaban Fox ini sekaligus menjawab pertanyaan terbesar “mengapa awalnya ia mengatakan bahwa tidak mungkin SimCity hadir dalam versi offline?”

The original creative vision for SimCity was to make a game where every action had an effect on other cities in your region.

Dalam publikasinya di halaman ini, Fox berujar bahwa seluruh komponen di SimCity online telah dibuat untuk saling berkaitan, mulai dari cara kerja simulasi hingga proses komunikasi dengan kota lainnya. Meski awalnya beberapa orang berhasil memaksa SimCity supaya bisa berjalan offline, namun fitur-fitur penting yang ada komunikasi dengan kotamu yang lain bahkan proses menyimpan permianan tidak bisa berjalan dengan baik.

Fox melanjutkan bahwa temannya sempat berkata jika ingin menghadirkan SimCity offline, maka mereka harus bekerja dengan amat keras. Dan benar saja, perlu waktu hingga 6 setengah bulan untuk membuat fitur-fitur penting di SimCity offline berjalan lancar layaknya di SimCity online.

Pada intinya, membuat SimCity offline tidak semudah menekan sebuah tombol. Perlu perencanaan serta implementasi fitur yang sempurna guna memastikan pengalaman pengguna tetap terjaga ketika bermain.

Saya adalah penggemar seri SimCity dan SimCity for Mac, adalah salah satu judul yang paling saya sukai. Memang awalnya saya merasa EA tidak konsisten dengan apa yang mereka lakukan (SimCity offline) tapi, setelah saya pikir kembali, semua ini dilakukan demi para pemain. Saya menghargai usaha keras mereka.

Baca juga: Kesan Pertama SimCity for Mac: Kompleksitas Yang Menyenangkan

Coba lihat sisi positif dari hadirnya SimCity offline; kamu bisa bermain SimCity tanpa perlu mengandalkan internet lagi, berarti, kamu bisa bermain SimCity di manapun kamu berada. Kamu juga bisa menjajal modding bangunan, jalan, atau apapun itu di SimCity sebelum akhirnya melepasnya buat publik. Dan yang paling penting, kamu bisa berlatih membuat perencanaan kota serta layout jalan yang baik, sebelum akhirnya konsep tersebut kamu bawa ke mode online dan menunjukkan bahwa kamulah mayor (sebutan buat para pemain SimCity) terbaik sedunia.

Versi offline SimCity for Mac ini akan hadir bersama dengan update 10 SimCity yang akan hadir secara gratis. Nantinya, fitur offline ini bakalan tersedia di dalam Single Player Mode di mana lewat mode ini, kamu bisa bermain di sebuah regional sendirian saja.

[source site_name = “EA” site_url = “http://www.simcity.com/en_US/blog/article/simcity-offline-is-coming”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest