Follow Us

Nintendo Menyerah dan Mulai Melirik iOS?

Andri Alfansyah - Senin, 20 Januari 2014 | 06:48
Nintendo Menyerah dan Mulai Melirik iOS?

Nintendo, perusahaan game konsol terkenal dengan Nintendo Wii dan 3DS-nya, mempertimbangkan untuk merubah haluan struktur bisnis mereka. Seperti berita yang kami lansir dari Bloomberg, Presiden Nintendo Satoru Iwata mengkonfirmasi untuk melebarkan bisnisnya ke struktur yang baru, yaitu untuk membawa game-game terkenal mereka ke platform mobile yang menjadi saingan mereka, iOS dan Android.

We are thinking about a new business structure. Given the expansion of smart devices, we are naturally studying how smart devices can be used to grow the game-player business. It’s not as simple as enabling Mario to move on a smartphone.

Baca juga: Final Fantasy XV Hampir Jadi Game iPhone

Langkah baru perusahaan yang berbasis di Kyoto Jepang ini disebabkan oleh kurangnya permintaan untuk konsol game Nintendo Wii U dan turunnya penjualan game-game 3DS. Nintendo mengalami kerugian tahunan yang cukup besar yakni sebesar 25 miliar yen atau sekitar 240 juta dollar untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam tahun fiskal sebelumnya.

Perangkat game konsol Nintendo Wii U dilaporkan mengalami pemotongan produksi dari total 18 juta unit menjadi sekitar 13,5 juta unit. Sedangkan untuk penjualan game-game 3DS turun dari 80 juta unit ke 66 juta unit. Apalagi serbuan mesin-mesin konsol baru, Sony Playstation 4 dan Microsoft XBox One, menambah sulit bagi Nintendo untuk bermain dalam ranah game konsol.

Ponsel cerdas memang memiliki daya magis yang luar biasa sebagai platform yang sangat menguntungkan bagi siapa saja yang bermain di dalamnya. Ranah ini begitu menggerus model bisnis lain. Tak terkecuali bagi Nintendo yang akhirnya menganggap platform iOS dan Android ini adalah platform selanjutnya yang akan menyelamatkan bisnis mereka dari kebangkrutan. Sepertinya game terkenal Nintendo Super Mario Bros dan The Legend of Zelda akan segera menyambangi iDevice kamu dalam waktu dekat ini. Kamu siap menyambut mereka?

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/2014-01-17/nintendo-forecasts-net-loss-on-stagnating-sales-of-wii-u-games.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest