Follow Us

Sistem Operasi Komputer di Korea Utara Meniru Tampilan OS X

Hendra Saputra - Rabu, 05 Februari 2014 | 22:48
Sistem Operasi Komputer di Korea Utara Meniru Tampilan OS X

Sejak dulu Korea Utara sudah punya sistem operasi komputer sendiri yang bernama Red Star Linux. Sistem operasi inilah yang digunakan sehari-hari di negara yang menganut paham sosialis tersebut.

Baru-baru ini Red Star Linux baru saja menerima update terbaru, dan muncul dengan tampilan yang berbeda. Tampilannya kini sangat sangat mirip dengan antarmuka OS X. Benar-benar mirip dan hal tersebut, bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini:

Hal ini pertama kali dipublikasikan oleh ComputerWorld. Mereka melaporkan bahwa screenshot ini didapat dari seorang guru bernama Will Scott, pengajar di Pyongyang University of Science and Technology (PUST) atau sekolah pertama di Korea Utara yang dibiayai pihak asing, dan guru-gurunya pun banyak berasal dari berbagai negara.

Disebutkan pula sistem operasi ini juga memiliki perambah internet – lebih cocok disebut intranet karena yang bisa dijelajah di sana hanya informasi domestik bersifat “menawarkan” ketimbang berlandas pada rasa “ingin tahu” si pengguna – yang dibuat berlandaskan FireFox bernama Naenara atau My Country.

Sebelumnya, presiden Korea Utara Kim Jong Un sendiri diketahui merancang strategi perang dengan menggunakan sebuah iMac. Ayahnya, Kim Jong Il, ternyata juga seorang pecinta produk Apple loh. Baca lebih lanjut di artikel Kim Jong Un Menyusun Strategi Perang Memakai iMac dan Kim Jong Il Ternyata Menggemari MacBook Pro 15″.

Kamu bisa melihat screenshot Red Star Linux dengan masuk ke dalam situs ComputerWorld di tautan berikut ini.

[source site_name = “ComputerWorld” site_url = “http://www.computerworld.co.nz/article/537360/north_korea_goes_osx-like_new_operating_system/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest