Follow Us

Review GuestMode: Tambah User di iPhone Dengan Tweak Ini

Bagus Hernawan - Senin, 10 Februari 2014 | 18:03
Review GuestMode: Tambah User di iPhone Dengan Tweak Ini

Saya biasa menggunakan iPhone dalam kegiatan sehari-hari seperti komunikasi, memotret, koordinasi pekerjaan bersama teman-teman menggunakan beberapa aplikasi dan bermain game. Namun terkadang keponakan yang masih duduk di sekolah dasar sering meminjam iPhone untuk bermain game. Tidak jarang juga dia menekan aplikasi Phone lalu menghubungi teman-teman atau menghapus beberapa email pekerjaan. Seorang teman memberi tahu sebuah tweak Jailbreak bernama GuestMode untuk mengatasi masalah tersebut. Kali ini saya ingin berbagi kepada pembaca Makemac mengenai tweak ini.

GuestMode, tweak milik pengembang dengan nickname Ian Burns ini menghadirkan guest mode seperti pada perangkat OS X namun lebih sederhana. Kamu serasa memiliki sebuah akun baru pada perangkat iOS dengan beberapa keterbatasan akses yang bisa kamu tentukan. Tweak ini dapat kamu unduh dari Cydia Store atau Repo Bigboss seharga $0.99. Setelah mengunduhya kamu akan diminta melakukan Restart Springboard dan bisa melakukan pengaturan tweak ini melalui aplikasi Settings > GuestMode.

Entering Guest Mode

Ada beberapa cara yang dapat kamu atur untuk masuk ke guest mode. Antara lain:

  • Guest Button : menghadirkan tombol Guest pada passcode lock. Kamu bisa meletakkannya di kanan atau di kiri pada baris terakhir.

  • Swipe Left : kamu bisa melakukan slide to unlock dengan arah berlawanan dari biasanya (kanan ke kiri) untuk masuk ke guest mode

  • Swipe Right (Past Passcode): masuk ke guest mode dengan cara swipe pada mode input passcode. Pastikan kamu mengaktifkan passcode lock sebelum menggunakan mode ini.

  • Activator Gesture: masuk ke guest mode menggunakan action yang kamu atur dari tweak Activatior. Contohnya tap dua kali pada status bar pada posisi lock screen.

  • Guest Passcode: Atur kombinasi angka password untuk masuk ke guest mode.

Guest Mode Privileges

Pengaturan berikutnya pada tweak ini adalah mengatur akses beberapa fitur dasar pada perangkat iOS seperti akses ke* Notification Center, Control Center, App Switcher, Menutup aplikasi pada Switcher, Menggunakan Spotlight, Siri, Newstand, mode mengankat telpon saja, dan terakhir single tab Safari*.

Enabled Apps

Inilah pengaturan paling penting pada tweak ini. Pada bagian Enabled Apss kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang mendapatkan ijin untuk digunakan pada Guest Mode. Sebagai contoh pada gambar saya hanya member hak akses untuk aplikasi permainan (game) pada guest mode ini. Setelah selesai melakukan pengaturan kamu bisa mengunci layar dan masuk ke guest mode dengan metode yang sudah kamu tentukan dan mencoba pengaturan tadi. Aplikasi yang tidak mendapatkan ijin hak akses di guest mode akan berwarna lebih gelap dan tentu saja tidak bisa dibuka.

Akhir Kata

Sekarang kamu bisa lebih tenang saat meminjamkan iPhone kepada keponakan kecil atau teman-teman kamu. Mereka tetap bisa bermain game atau aplikasi menarik lainnya dan kamu tidak takut ada hal-hal penting seperti email yang tidak sengaja terhapus.

Terima kasih untuk Buge yang memberikan informasi tentang tweak ini


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest