Follow Us

Review Amazing Cupid: Tribute Berkualitas Dari Flappy Bird

Bagus Hernawan - Selasa, 18 Februari 2014 | 17:50
Review Amazing Cupid: Tribute Berkualitas Dari Flappy Bird

Touchten, pengembang game ternama dari Indonesia membuat sebuah game tribute untuk Flappy Bird. Bernama Amazing Cupid, game ini murni dibuat untuk menghormati Flappy Bird yang terbang selamanya minggu lalu.

Sesuai dengan konsepnya yang adalah tribute, Amazing Cupid menggunakan konsep permainan yang benar-benar sama dengan Flappy Bird; mengendalikan objek terbang lalu melewati rintangan vertikal. Kamu harus terus mengetuk layar di saat yang tepat agar sang peri cinta cupid tidak jatuh atau menabrak tiang.

Gameplay Serupa Tapi Sama Sekali Tidak Sama

Meski terkesan sama dari segi gameplay, namun secara umum game ini berbeda. Amazing Cupid menawarkan bumbu-bumbu lainnya yang akan menambah tingkat kekesalan pengguna yang memainkan game ini. Dan salah satu perbedaannya terletak pada implementasi tingkat kesulitan.

Ada 3 tingkat kesulitan yang bakal kamu temukan dalam game ini, yakni Normal, Hard dan Imposibru. Khusus Normal, kamu akan bermain seperti biasa; terbang melewati tiang-tiang yang ada, sambil mengejar nilai paling tinggi yang bisa kamu raih sedangkan di tingkat Hard, kamu harus terbang dengan pola melawan gaya gravitasi – jatuh ke langit, bukan ke tanah.

Level Imposibru adalah yang paling kurang ajar saya rasa. Ya, konsep permainannya tetap sama, harus melewati tiang hanya saja, akan ada portal khusus di beberapa bagian tertentu, yang akan membuat gaya jatuh peri kita berubah. Katakan kamu saat ini sedang terbang sesuai dengan gaya gravitasi yang ada, lalu kamu melewati portal tersebut, maka gerak terbangmu akan terbalik seketika itu juga melawan gaya gravitasi. Kamu harus siap akan hal tersebut kalau kamu tidak mau kalah di skor rendah.

Lalu adalagi pesan singkat yang saya rasa sangat unik. Fitur ini bernama Secret Message yang memungkinkan pengguna, berbagi dan menerima pesan dari dan ke sesama pemain, untuk kemudian tampil di layar bagian atas ketika permainan berlangsung. Pesan ini unik namun saya rasa, pesan ini akan menjadi distraksi buat para pemain karena saya, kerap membaca pesan-pesan tersebut sambil berusaha melewati tiang – dan akhirnya peri saya jatuh akibat tertabrak. Pesan lainnya juga muncul ketika permainan berakhir.

Menurut saya ide memberikan snapchat atau pesan yang tampil ini cukup unik. Karena terkadang menjadi sangat lucu saat pesan yang tampil berkaitan dengan nilai yang tinggi atau justru masih 0 alias belum bisa melewati 1 tiang pun.

Kisah Unik di Balik Pengembangan Amazing Cupid

Ada sebuah kisah unik yang dibagikan oleh CEO TouchTen Anton Soeharyo terkait Amazing Cupid.

Dalam penjelasan lebih lanjut melalui email, beliau menyatakan bahwa ia menyempatkan diri untuk meminta ijin dari Dong Nguyen (pengembang Flappy Bird) sebelum membuat game tribute ini. Dong Nguyen sendiri dengan ikhlas memberikan persetujuannya dan akhirnya, lahirlah game ciamik ini.

Saya gak bisa tidur kalau gak permisi sama dia – Anton Soeharyo

Ini menandakan bahwa Amazing Cupid bukan sebuah game tiruan Flappy Bird, yang dibuat dalam rangka ikut tenar semata dari fenomena burung tersebut. Amazing Cupid murni tribute untuk Dong Nguyen karena telah menghadirkan sebuah game sederhana namun berkualitas, yang berhasil merubah paradigma orang terkait game mobile – game mobile biasanya sarat dengan in-app purchase atau membeli game melalui App Store.

Akhir kata

Saya suka dengan Amazing Cupid. Kualitas gameplay – terutama dari sektor gaya gravitasi dalam permainan – sangat mirip dengan Flappy Bird. Tidak seperti game-game tiruan Flappy Bird lainnya yang tidak mau menghadirkan kualitas semacam ini dalam gamenya.

Kamu harus mengunduh Amazing Cupid sekarang juga. Sementara ini, Amazing Cupid baru tersedia untuk regional Indonesia. Unduh buat iPhone, iPad dan iPod lewat tautan di bawah ini ya.

Download · Harga:

7 Game Alternatif Flappy Bird Buat iPhone, iPad dan iPod touch


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest