Follow Us

Salah Satu Cara Memutar Disc di Mac Yang Tidak Memiliki Slot DVD

Bagus Hernawan - Kamis, 20 Februari 2014 | 18:09
Salah Satu Cara Memutar Disc di Mac Yang Tidak Memiliki Slot DVD

Apple telah menghilangkan perangkat keras pembaca keping DVD pada jajaran komputer Mac saat ini. Mac Mini, iMac, Mabook Pro, Macbook Air bahkan Mac Pro terbaru juga sudah tidak memiliki slot pembaca DVD lagi. Hal ini terkadang menyulitkan kita yang ingin mengambil data di keping DVD karena harus membeli pembaca DVD eksternal. Kamu bisa mencoba tips penggunaan fitur Remote Disc agar bisa meminjam akses perangkat keras pembaca keping dvd di komputer Mac teman kamu.

Berikut ini hal yang harus kamu persiapkan untuk mencoba fitur Remote Disc:

  1. Sebuah komputer Mac yang menggunakan OS X 10.5 atau lebih dan memiliki perangkat keras pembaca dvd yang bisa digunakan. Kamu bisa meminjam milik teman kamu misalnya.
  2. Komputer Mac milik kamu yang tidak memiliki pembaca DVD.
  3. Sebuah koneksi antara 2 komputer tersebut. Bisa menggunakan kabel LAN atau jaringan WiFi.

Aktifkan Fitur DVD or CD Sharing

Pada komputer pertama, buka aplikasi System Preferences > Sharing lalu aktifkan mode DVD or CD Sharing yang terletak pada bagian paling atas kolom sebelah kiri. Kamu bisa memberi tanda check list pada pilihan ‘Ask me before allowing others to use my DVD drive’ untuk memberi informasi saat ada komputer lain yang ingin mengakses pembaca DVD kamu.

Menggunakan Fitur DVD or CD Sharing

Setelah langkah diatas kamu bisa menghubungkan 2 komputer Mac tersebut dalam 1 jaringan. Bisa menggunakan jaringan WiFi atau kabel LAN via peer to peer.

Pada komputer kedua (yang tidak mempunyai pembaca DVD) buka jendela aplikasi Finder dan lihat pada sidebar akan tambil sebuah list Devices bernama Remote Disc. Sorot dan tekan list tersebut. Pada tampilan tengah Finder akan muncul nama komputer pertama dan kamu tinggal menekan opsi Ask to use. Kamu bisa melihat isi DVD tersebut, selanjutnya copy data yang kamu butuhkan ke komputer kamu.

Perlu diingat bahwa fitur Remote Disc ini memiliki beberapa keterbatasan. Kamu tidak bisa melakukan instal ulang sistem operasi menggunakan DVD melalui fitur Remote Disc ini misalnya. Fitur ini hadir untuk mempermudah kamu mengakses data-data dalam DVD semisal tugas kuliah atau file foto di DVD.

Catatan

Tim MakeMac mengalami sedikit kesulitan saat mencoba fitur ini pada 2 komputer yang menggunakan OS X Mavericks. Setelah kami cari tahu ternyata hal ini terkait dengan bug yang sedang diperbaiki oleh Apple pada OS X 10.9.2 beta. Semoga masalah ini dapat segera diperbaiki.

Selamat mencoba ya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest