Follow Us

Cara Main Game Boy Advance di iOS Tanpa Jailbreak

Bagus Hernawan - Jumat, 21 Februari 2014 | 17:21
Cara Main Game Boy Advance di iOS Tanpa Jailbreak

Masih ingat perangkat Game Boy Advance atau disingkat GBA waktu kamu masih kecil? Kangen untuk bermain game di GBA seperti Pokemon, Mario Bross atau game lain? Riley Testut seorang pengembang (dan pastinya pecinta game klasik) merilis pembaruan untuk Game Boy emulator buatanya, GBA4iOS. Aplikasinya ini sudah mendukung iOS 7 dan perangkat iPad. Simak langkah-langkah untuk memasang aplikasi yang belum ada di App Store ini. Oh ya, kamu tidak perlu Jailbreak untuk hal ini.

Catatan

Game ini tidak disetujui oleh Apple untuk bisa kamu unduh di App Store. Ya, tentu saja ini mengenai hak royalti dan ijin resmi dari pihak Game Boy. Kamu harus membuka situs GBA4iOS di Safari pada perangkat iOS kamu untuk mengunduh aplikasi ini. Namun sebelumnya kamu harus memundurkan pengaturan Date & Time pada perangkat iOS menjadi sebelum 18 Februari 2014. Hal ini terkait tanggal dimana Apple mulai memblokir certificate untuk GBA4iOS pada tanggal 19 Februari 2014.

Mundurkan pengaturan tanggal kamu dengan cara membuka aplikasi Settings > General > Date & Time. Perlu diingat bahwa saat kamu melakukan hal ini maka aplikasi sosial media atau aplikasi lain yang menggunakan detail waktu tidak bisa digunakan. Jadi pastikan kamu sedang tidak menggunakan imessage atau aplikasi semacamnya. Setelah mengganti Date & Time kamu bisa ikuti langkah dibawah ini:

Unduh dan Instal GBA4iOS

Cara mengunduh aplikasi ini terbilang unik, karena tidak ada di App Store. Pertama kamu harus membuka aplikasi peramban (browser) pada perangkat iOS kamu; kali ini saya menggunakan Safari. Buka website GBA4iOS lalu tekan tombol Download pada halaman situs tersebut. Kamu bisa memilih 2 macam emulator yaitu GBA4iOS 2.0 untuk perangkat iOS 7 dan GBA4iOS 1.6.2 untuk perangkat iOS 6. Tekan tombol Download dan akan muncul peringatan untuk mengunduh aplikasi ini, pilih Install. Setelah selesai kamu bisa membuka aplikasi dengan warna dasar putih dan garis segitiga ungu.

Buka GB4iOS dan Instal Game Kesukaan Kamu

Setelah selesai mengunduh kamu bisa membuka aplikasi ini. Kamu akan disuguhkan peringatan bila aplikasi ini gagal digunakan berarti kamu belum memundurkan tanggal hingga sebelum 18 Februari 2014. Berikut ini tampilan utama GBA4iOS pada iPhone.

Pada sebelah kiri atas ada icon gir untuk melakukan pengaturan. Kamu bisa mengatur Frame Skip, Audio, Saving, Controller Skin, Controller Opacity, Controller Vibration, External Controller, dan sinkronisasi dengan Dropbox. Di sebelah pojok kanan adalah tombo (+) untuk mengunduh ROM Game Boy kesukaanmu. Pada bagian tengah atas terdapat 3 tab untuk mengelompokkan game berdasarkan perangkat aslinya yaitu GBA untuk Game Boy Advance dan GBC untuk Game Boy Color. Kemudian di bagian tengah utama adalah list Game Boy yang sudah kamu unduh.

Selamat Nostalgia dengan Game Boy. Game favorit saya adalah Classic NES – Super Mario Bros. Bagaimana dengan kamu, apa game favoritmu?

Masuk Untuk Baca Review Aplikasi Terbaik Lainnya Oleh MakeMac


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest