Follow Us

Review GoodCash: Atur Keuanganmu Dengan Mudah Melalui iPhone

Bagus Hernawan - Senin, 24 Februari 2014 | 12:50
Review GoodCash: Atur Keuanganmu Dengan Mudah Melalui iPhone

Mengatur keuangan personal adalah sebuah hal yang wajib dilakukan, dan untuk membantumu dalam hal tersebut, kamu bisa coba untuk mulai menggunakan GoodCash, aplikasi keuangan personal untuk iPhone karya anak bangsa.

GoodCash adalah aplikasi yang membuat kamu seperti mempunyai konsultan finansial pribadi. Aplikasi ini mempunyai langkah kerja yang mudah dan sistem pencatatan yang akurat. Kamu juga bisa membagi pengeluaran dengan persentase yang bisa diatur untuk beberapa jenis. Berikut ini langkah-langkah penggunaan GoodCash:

Mempelajari Tampilan GoodCash

Aplikasi dengan warna hijau pada bagian status bar ini memiliki tampilan yang sederhana dan dibagi menggunakan 4 tab pada bagian bawah yaitu Wallet, Bank, Savings, dan Settings. Pertama kamu harus melakukan pengaturan yang ada di tab Settings.

Tekan tab Settings lalu kamu bisa melihat beberapa pengaturan yang bisa dilakukan. Pada bagian Disposable Income berikan presentase uang yang bisa digunakan pada pos-pos pengeluaran yang ada yaitu Food & Groceries, Transport & Personal, Shopping & Entertainment, dan Other untuk pengeluaran lainnya.

Savings adalah persentase tabungan yang diambil dari pendapatan dan tidak bisa digunakan dalam pos pengeluaran. Scroll ke bawah untuk melakukan pengaturan Currency seperti simbol mata uang, peletakan simbol, penggunaan desimal dan tanda separator untuk angka ribuan.

Mencatat Pendapatan

Saya selalu beranggapan bahwa setiap catatan keuangan selalu dimulai dengan memasukkan jumlah pendapatan lalu membaginya dalam pos pengeluaran dan tabungan. Kita sudah melakukan hal kedua dan ketiga diatas tadi. Sekarang saatnya memasukkan pendapatan dan mencatat setiap pengeluaran.

Masuk pada tab Bank lalu pada bagian kiri atas tekan tulisan Add Income untuk memasukkan pendapatan. Ketikkan nominal pendapatan disana. Setelah itu kamu bisa mengetikkan catatan untuk pendapatan tersebut di baris bawahnya. Catatan ini juga memiliki detail berupa tanggal input pendapatan tersebut. Pada bagian bawah ada 2 tab untuk memilih apakah pendapatan tersebut akan langsung dipotong dengan presentase tabungan atau tidak. Apabila kamu menggunakan perangkat iPhone lama dengan layar 3.5 inci (iPhone 4s dan generasi sebelumya) scroll ke bawah untuk melihat pengaturan tersebut. Setelah selesai tekan Save.

Dari gambar diatas kamu dapat melihat pendapatan kamu yang sudah dipotong dengan tabungan (karena saya tadi memilih mode tersebut). Lalu pada bagian bawahnya ada 2 tab bertuliskan Remaining (sisa uang yang belum digunakan pada masing-masing pos) dan Expenses (pengeluaran yang sudah dilakukan pada masing-masing pos). Penggunaannya akan dijelaskan pada bagian bawah.

Mengambil Uang dari ATM

Setelah mencatat pendapatan yang masuk dalam Bank, sekarang saatnya kita mempelajari cara mengambilnya, memasukkan ke bagian Wallet dan mencatat pengeluaran.

Buka tab Wallet dan pada bagian kiri atas lalu tekan tulisan ATM. Pilih tab Withdraw from ATM untuk mengambil uang. Ketikkan nominal yang kamu butuhkan lalu tekan tulisan Save. Sekarang kamu bisa melihat nominal tersebut di bagian atas Wallet.

Mencatat Pengeluaran

Dalam aplikasi GoodCash ini pengeluaran dibagi menjadi 2 yaitu pengeluaran dengan sumber uang dari Wallet atau dari Bank. Tadi kita sudah mencoba mengambil uang untuk Wallet dari Bank. Sekarang kita coba mencatat pengeluaran dari Wallet terlebih dahulu.

Pilih tab Wallet dan tekan tulisan Add Expense pada bagian kanan atas. Kamu akan mendapat tampilan layar seperti berikut ini:

Editor : Bagus Hernawan

Latest